Google Meluncurkan Pembaruan untuk Pengguna ChromeOS dengan Beberapa Fitur Baru
Google sedang meluncurkan pembaruan April untuk pengguna ChromeOS (foto: tangkapan layar google)

Bagikan:

JAKARTA - Google sedang meluncurkan pembaruan April untuk pengguna ChromeOS dengan fitur-fitur seperti kemampuan untuk menyesuaikan pintasan keyboard dan aksi tombol mouse. Pembaruan ini juga membawa peningkatan dukungan suara teks-ke-ucapan offline. Pembaruan ChromeOS M123 akan didistribusikan kepada pengguna dalam beberapa hari ke depan.

Fitur utama baru adalah cara untuk menetapkan pintasan keyboard kustom untuk tindakan-tindakan tertentu. Ini adalah fitur yang telah tersedia di sistem desktop lainnya.

Namun, pengguna perlu mengaktifkan fitur ini secara manual dengan mengaktifkan flag pengaturan yang disebut “#enable-shortcut-customization.” Perusahaan mengatakan bahwa pintasan kustomisasi keyboard akan diaktifkan secara default dengan pembaruan ChromeOS berikutnya, M124.

Dengan pembaruan ChromeOS M123, pengguna dapat menetapkan pintasan keyboard kustom sesuai dengan penggunaannya.

Selain itu, dengan pembaruan ini, Google juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan aksi tombol mouse. Jika Anda memiliki mouse dengan lebih dari dua tombol, Anda dapat menetapkannya untuk tugas seperti mengambil tangkapan layar, mematikan suara, menyalakan suara, dan memasukkan emoji.

Selain itu, Anda dapat menetapkan kombinasi tombol yang didedikasikan untuk tindakan yang dilakukan oleh pintasan keyboard.

Pembaruan ChromeOS M123 juga memiliki beberapa peningkatan kecil seperti kemampuan untuk mengubah bahasa yang disukai per aplikasi Android melalui “Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi Anda > Bahasa aplikasi”; dan fitur teks-ke-ucapan yang ditingkatkan dengan suara yang seharusnya terdengar lebih alami. Ini mendukung 31 bahasa dan berfungsi saat Anda offline.