Apple Luncurkan Persona Spasial untuk Membuat Pertemuan Virtual Terasa Nyata
 Persona Spasial tersedia di visionOS versi beta (foto: dok. Apple)

Bagikan:

 

JAKARTA – Vision Pro, komputer spasial buatan Apple, menjadi jauh lebih baik setelah Apple meluncurkan Persona Spasial. Fitur ini bekerja di dalam aplikasi FaceTime dan bisa menampilkan avatar dari lawan bicara.

Persona Spasial dibuat agar pemilik Vision Pro merasa seperti berada di ruangan yang sama dengan lawan bicaranya, baik itu satu ataupun lebih dari dua orang. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk berkolaborasi atau sekadar mengobrol seperti hangout.

Dengan tampilannya yang hampir nyata, meskipun lawan bicaranya terlihat seperti melayang, pengguna Vision Pro bisa melakukan presentasi bersama, menonton film melalui SharePlay, atau bermain game. Semua ini akan dilakukan dalam satu ruangan virtual.

Kabarnya, setiap pengguna bisa mengontrol apa yang mereka lihat dan bisa memosisikan lawan bicara mereka di tempat yang mereka inginkan. Fitur ini juga didukung audio spasial sehingga keberadaan lawan bicara akan terasa semakin nyata.

Persona Spasial baru diluncurkan dalam versi beta dan bisa diakses oleh para pengguna Vision Pro dengan versi visionOS 1.1 dan yang lebih baru. Fitur ini bisa diaktifkan saat pengguna melakukan panggilan FaceTime bersama maksimal lima pengguna.

Untuk mengaktifkan fitur Persona Spasial, pengguna hanya perlu melakukan panggilan FaceTime seperti biasa, kemudian membuka ikon orang di bagian kontrol. Saat pengguna mengeklik ikon tersebut, Persona Spasial akan aktif.

Apple menjelaskan bahwa fitur ini hanya berfungsi di satu perangkat dan tidak akan memengaruhi pengguna lain. Artinya, tampilan Persona Spasial hanya terlihat di perangkat yang mengaktifkan fitur tersebut.