Bagikan:

JAKARTA – Apple resmi merilis visionOS 2, pembaruan besar pertama untuk sistem operasi yang mendukung Apple Vision Pro. Setelah beberapa bulan sejak diperkenalkan di WWDC pada Juni dan melewati berbagai pengujian beta, versi 2.0 dari visionOS kini sudah bisa diunduh oleh para pemilik headset tersebut.

Pembaruan ini mencakup berbagai aspek, seperti peningkatan foto dan video, gestur baru, perbaikan pada Tampilan Virtual Mac, serta perubahan pada fitur Persona.

visionOS 2: Foto dan Video

Di visionOS 2, pengguna kini dapat mengubah foto yang ada di perpustakaan foto mereka menjadi foto spasial, dengan menambahkan kedalaman agar efek stereoskopik terlihat lebih nyata. Aplikasi Foto juga diperbarui, memudahkan pengelolaan koleksi gambar dan menemukan foto spasial dengan cepat.

Saat dalam panggilan FaceTime, pengguna dapat berbagi foto, video, dan panorama dengan pengguna lain melalui fitur SharePlay. Selain itu, video yang tersimpan di perpustakaan foto dapat diedit langsung melalui headset menggunakan kontrol pemotongan.

Bagi mereka yang ingin berkreasi lebih lanjut, Apple juga memberi bocoran tentang kemampuan untuk membuat dan mengedit video spasial di Final Cut Pro di Mac, yang kemudian bisa ditonton di Apple Vision Pro.

visionOS 2: Gestur

Pengguna Apple Vision Pro kini bisa menggunakan gestur baru untuk membuka tampilan utama (Home View) dan Pusat Kontrol (Control Center) tanpa perlu melihat ke langit-langit atau menekan tombol Atas. Untuk mengakses Home View, pengguna hanya perlu melihat telapak tangan dan mengetuk titik yang muncul.

Saat melihat telapak tangan, pengguna dapat membalik tangan untuk melihat waktu dan baterai, kemudian mengetuk untuk membuka Pusat Kontrol atau menahan untuk mengatur volume.

visionOS 2: Home View dan Lingkungan

Di versi pertama visionOS, pengguna tidak dapat menyusun ulang ikon di Home View. Namun, di visionOS 2, pengguna kini bisa menyesuaikan tampilan ikon sesuai keinginan mereka. Lingkungan tempat pengguna bisa berinteraksi juga bertambah, termasuk panorama pantai pasir putih di Bora Bora.

visionOS 2 juga memungkinkan pengenalan keyboard Magic Keyboard atau MacBook, sehingga pengguna bisa melihat dan menggunakan periferal tersebut dengan lebih mudah. Tampilan Virtual Mac kini mendukung layar panorama yang setara dengan dua layar 4K yang berdampingan.

visionOS 2: Perubahan Aplikasi

Pengguna Safari kini bisa menonton video di layar besar dalam lingkungan apa pun. Siri juga dapat membacakan konten halaman web, dan Tab Groups akan membantu pengguna mengelola koleksi tab mereka.

Apple Music juga diperbarui dengan kemampuan untuk berkolaborasi dalam membuat daftar putar, bereaksi dengan emoji, serta bernyanyi bersama. Aplikasi Apple TV mendapatkan fitur Multiview untuk langganan MLS dan MLB, memungkinkan pengguna menonton hingga lima pertandingan secara bersamaan.

Di aplikasi Pesan, pengguna dapat menatap ikon mikrofon dan mulai mendikte pesan dengan mudah. Aplikasi Mindfulness kini dapat mengikuti ritme pernapasan pengguna, yang kemudian disinkronkan dengan animasi visual selama sesi meditasi.

visionOS 2: Persona

Sistem avatar Apple kini dapat menangkap warna kulit dan pakaian dengan lebih akurat saat memindai pengguna. Gerakan tangan juga lebih halus dengan efek animasi baru yang ditambahkan. Saat panggilan video atau FaceTime, pengguna dapat memilih berbagai latar belakang untuk Persona mereka.

visionOS 2: Perubahan Lainnya

Fitur Quick Look memungkinkan pengguna menempelkan objek ke permukaan dan langsung mengubah materialnya, misalnya meletakkan furnitur di ruangan dan melihatnya dalam posisi serta warna yang berbeda.

visionOS 2 juga mendukung Magic Mouse atau mouse Bluetooth pihak ketiga untuk navigasi. Fitur Guest User memungkinkan orang lain mencoba Apple Vision Pro tanpa harus mengulangi proses pengaturan, dan AirPlay Receiver mendukung mirroring dari iPhone atau iPad di sekitarnya.

Mode Perjalanan kini mendukung transportasi kereta, sehingga pengguna bisa bekerja dengan aplikasi saat bepergian. Fitur Peringatan Konten Sensitif memungkinkan pengguna mengaburkan foto atau video sebelum memilih untuk melihatnya, dan Keamanan Komunikasi menambahkan perlindungan untuk video yang mungkin diterima atau dikirim oleh anak-anak.