Aturannya Sering Diakali, Twitch Perbarui Kebijakan Konten Seksual
Twitch memperbarui Pedoman Komunitas (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Twitch, platform live streaming, kembali membuat kebijakan baru. Kali ini, kebijakan di dalam Pedoman Komunitas dibuat untuk memberantas konten yang memanfaatkan bagian tubuh tertentu.

Pada Desember tahun lalu, Twitch mulai melonggarkan aturan mengenai konten seksual. Para streamer boleh menampilkan bagian tubuh mereka, seperti payudara, bokong, atau panggung, selama siaran mereka memiliki label konten yang sesuai.

Namun, aturan yang mulai dilonggarkan ini justru disalahgunakan dan membuat beberapa streamer melampaui batas. Hal ini membuat Twitch membatalkan aturan mereka dan kembali melarang tayangan yang menampilkan bagian tubuh tertentu.

Baru-baru ini, para streamer memiliki cara yang lebih aneh untuk menyiasati Pedoman Komunitas Twitch. Dipelopori oleh Morgpie, streamer yang kerap mendorong batasan Twitch, beberapa streamer memanfaatkan green screen pada bagian tubuh yang dilarang.

Seperti Morgpie misalnya, ia memperlihatkan bokong yang ditutupi green screen pada awal bulan ini sambil memainkan gim Fortnite. Streamer itu memanfaatkan green screen di bokongnya untuk menampilkan gameplay.

Tak berhenti sampai di situ, Morgpie juga melakukan streaming sambil mengenakan kemeja berpotongan green screen sehingga hanya kepala dan dadanya yang terlihat. Tindakan seperti ini membuat Twitch tak tinggal diam dan membuat kebijakan baru.

Pada Rabu, 28 Maret, akun resmi Twitch di platform X mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan kebijakan baru pada 29 Maret mendatang. Aturan ini dibuat agar Twitch bisa menjadi platform yang aman dan ramah untuk berbagai rentang usia.

"Konten di Twitch selalu berkembang, dan kami ingin memastikan peraturan kami berfungsi sebagaimana mestinya dan mengikuti perilaku yang muncul. Bila diperlukan, kami memperbarui peraturan kami untuk menangkap perubahan perilaku tersebut," jelas Twitch.

Perusahaan itu menegaskan bahwa Morgpie dan para streamer nakal lainnya tidak boleh menampilkan bagian tubuh intim mereka dalam waktu yang sangat lama. Tindakan ini akan menyalahi kebijakan terbaru di dalam Pedoman Komunitas.

"Pengguna dilarang menyiarkan atau mengunggah konten yang mengandung gambaran ketelanjangan nyata atau fiksi, apapun media yang digunakan untuk membuatnya. Sensor yang tidak lengkap, seperti pikselasi, mosaik, efek buram, pakaian tipis atau tembus pandang sebagian bukan bagian dari pengecualian terhadap kebijakan," jelas Twitch.