Bagikan:

JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan akan mengintegrasikan platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, untuk memberdayakan Indonesia ke era baru kemajuan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). 

“Integrasi produk NVIDIA Blackwell ke dalam infrastruktur kami menegaskan komitmen kami terhadap kemajuan teknologi dan kedaulatan nasional,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison dalam pernyataan resminya dikutip Rabu, 20 Maret. 

Melalui integrasi dengan NVIDIA Blackwell, Indosat berkomitmen untuk mendorong pemanfaatan AI dan machine learning di Indonesia sebagai penggerak inovasi, pertumbuhan ekonomi, serta kedaulatan bangsa. 

“Dengan mengintegrasikan platform Blackwell, Indosat siap untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh dan mendorong pengembangan Large Language Model yang akan membantu memberdayakan Indonesia dengan AI generatif,” ujar kata Ronnie Vasishta, Senior Vice President Telecom NVIDIA

Indosat akan memanfaatkan GPU Tensor Core NVIDIA berbasis platform Blackwell, untuk memberikan percepatan besar pada beban kerja inferensi, memungkinkan kinerja real-time untuk model bahasa multitriliun-parameter yang membutuhkan sumber daya besar. 

Selain itu, GPU Tensor Core NVIDIA, yang mencakup DPU NVIDIA BlueField-3, akan memungkinkan percepatan jaringan cloud, composable storage, keamanan zero-trust, dan elastisitas komputasi GPU di hyperscale AI clouds.

Layanan superkomputasi AI ini memberikan akses langsung kepada perusahaan untuk infrastruktur dan perangkat lunak yang diperlukan untuk melatih model AI generatif yang canggih.