Kolaborasi AWS dan NVIDIA Tawarkan Infrastruktur AI Generatif Baru untuk Pelanggan
Adam Selipsky, CEO AWS dan CEO Nvidia Jensen Huang (foto: x @aselipsky)

Bagikan:

JAKARTA - Selama acara AWS re:Invent, Amazon Web Services (AWS) mengumumkan perluasan kolaborasi strategisnya dengan NVIDIA, untuk menghadirkan infrastruktur, software, dan layanan tercanggih untuk mendukung inovasi kecerdasan buatan (AI) generatif pelanggan.

Melalui perluasan kolaborasi ini, kedua perusahaan akan menggabungkan teknologi terbaik NVIDIA dan AWS, guna melatih model dasar dan membangun aplikasi AI generatif.

“AWS dan NVIDIA telah berkolaborasi selama lebih dari 13 tahun, dimulai dengan cloud GPU pertama di dunia. Saat ini, kami menawarkan solusi GPU NVIDIA terluas untuk beban kerja termasuk grafis, gim, komputasi kinerja tinggi, pembelajaran mesin, dan kini, AI generatif,” kata Adam Selipsky, CEO di AWS dalam pengumumannya pada Rabu, 29 November. 

Selipsky juga mengatakan akan terus berinovasi bersama NVIDIA untuk menjadikan AWS tempat terbaik untuk menjalankan GPU, menggabungkan NVIDIA Grace Hopper Superchip generasi berikutnya dengan jaringan kuat EFA AWS, clustering skala besar EC2 UltraClusters, dan kemampuan virtualisasi tingkat lanjut Nitro.

Sementara itu, Jensen Huang, pendiri dan CEO NVIDIA menambahkan, “Didorong oleh misi bersama untuk menghadirkan AI generatif yang hemat biaya dan canggih kepada setiap pelanggan, NVIDIA dan AWS berkolaborasi di seluruh tumpukan komputasi, yang mencakup infrastruktur AI, perpustakaan akselerasi, model dasar, hingga layanan AI generatif.”

Perangkat lunak NVIDIA di AWS membantu Amazon menghadirkan inovasi baru pada layanan dan operasinya. AWS juga akan menggunakan kerangka kerja NVIDIA NeMo untuk melatih LLM Amazon Titan generasi berikutnya. 

Di sisi lain, Amazon Robotics telah mulai memanfaatkan NVIDIA Omniverse Isaac untuk membangun digital twins guna mengotomatisasi, mengoptimalkan, dan merencanakan gudang otonomnya di lingkungan virtual sebelum menerapkannya ke dunia nyata.