Kominfo Siap Kawal Lonjakan Trafik Layanan Telekomunikasi Jelang Hari Raya Idulfitri
Menkominfo Budi Arie Setiadi (foto: Tangkapan layat YouTube Komisi I DPR RI)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam Rapat Kerja (Raker) Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Komisi I DPR RI, Menkominfo Budi Arie Setiadi memperkiraan adanya kenaikan trafik data sekitar 7-20 persen menjelang idulfitri.

Untuk itu, Budi mengungkapkan beberapa upaya antisipasi Kementerian Kominfo dalam mengatasi lonjakan trafik penyelenggaraan layanan telekomunikasi menjelang hari raya.  

“Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Kominfo bekerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi  dan operator seluler untuk meningkatkan quality of service menjelang dan selama idulfitri,” tutur Budi dalam Raker tersebut pada Selasa, 19 Maret. 

Pertama, Kementerian Kominfo akan melakukan optimasi kualitas dan kapasitas jaringan di titik-titik keramaian seperti jalur mudik/tol, pusat perbelanjaan, pusat transportasi, tempat wisata, masjid dan area residential dengan pertumbuhan traffic brcadband signifikan.

“Yang kedua, peningkatan kapasitas jaringan internet, dan yang ketiga pengukuran drive test di jalur mudik, dan yang keempat pengadaan posko mudik atau personel siaga command center dan call center 24/7,” lanjut Budi. 

Tidak lupa, Kominfo juga akan memastikan penyelenggara telekomunikasi mengoptimalkan kualitas dan kapasitas jaringannya, termasuk Telkom Indonesia, Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Smartfren. 

“Lalu menjalin kerja sama dengan penyelenggara atau operator telekomunikasi untuk menjaga kualitas jaringan serta melakukan pengawasan terhadap kualitas layanan secara rutin,” pungkasnya.