Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Microsoft mengumumkan telah merekrut Mustafa Suleyman dan Karén Simonyan, untuk membentuk organisasi baru yang berfokus pada teknologi kecerdasan buatan yaitu Microsoft AI. 

Chief Executive Officer (CEO) Microsoft Satya Nadella mengatakan bahwa Mustafa akan menjadi EVP dan CEO, Microsoft AI. Sedangkan Karén akan bergabung dengan grup ini sebagai Kepala Ilmuwan. 

Dalam melakukan tugasnya, Mustafa akan bergabung dengan tim kepemimpinan senior (SLT), dan melaporkan pekerjaannya langsung ke Nadella, sedangkan Karén akan melapor ke Mustafa. 

“Saya sudah mengenal Mustafa selama beberapa tahun dan sangat mengaguminya sebagai pendiri DeepMind dan Inflection, dan sebagai visioner, pembuat produk, dan pembangun tim perintis yang mengejar misi berani,” kata Nadella dalam pengumumannya. 

Sedangkan Karén, Nadella mengenal bahwa dia adalah salah satu pendiri dan Kepala Ilmuwan Inflection AI dan juga seorang peneliti dan pemimpin pemikiran AI terkenal, yang telah memimpin pengembangan beberapa terobosan AI terbesar selama dekade terakhir termasuk AlphaZero. 

Sebagai bagian dari transisi ini, Mikhail Parakhin dan seluruh timnya, termasuk Copilot, Bing, dan Edge, dan Misha Bilenko dan tim GenAI akan pindah untuk melapor ke Mustafa. 

Nadella menyatakan saat ini perusahaannya dan dunia, baru memasuki tahun kedua peralihan platform AI, dan Microsoft harus memastikan bahwa mereka memiliki kemampuan dan kapasitas untuk berinovasi dengan berani.