Wi-Fi Otomotif Tercepat Ini Mampu Bertahan pada Suhu Ekstrem
Wi-Fi 6E LG. (Sumber: LG Innotek)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan manufaktur LG Innotek berhasil mengembangkan modul Wi-Fi otomotif generasi mendatang dengan bandwidth saluran yang lebih besar, menjadi yang pertama di sektor industri. 

Keberhasilan ini meningkatkan harapan afiliasi LG Group dapat meningkatkan kehadirannya di pasar modul komunikasi dalam kendaraan, yang selama ini didominasi oleh orang Jepang.

Dalam keterangannya seperti dilansir Koreatimes, LG Innotek menyebut mereka berhasil mengembangkan modul Wi-Fi 6E yang menggunakan bandwidth 6-gigahertz, untuk memberikan kecepatan transmisi data sekitar tiga kali lebih cepat daripada modul Wi-Fi 5 yang ada.

Dengan mobil yang menggunakan sistem infotainment dalam kendaraan yang sangat canggih, menyediakan kecepatan jaringan yang mulus menjadi penting. LG Innotek mengatakan, kendaraan dengan modul Wi-Fi 6E akan memungkinkan penumpang untuk menikmati film dan game definisi tinggi yang berjalan pada augmented reality (AR) atau virtual reality (VR).

"LG Innotek telah berhasil mengembangkan modul Wi-Fi 6E pertama di dunia dengan teknologi frekuensi radio (RF) dan antena canggih. Perusahaan telah mengumpulkan kemampuan pengembangan dalam komunikasi otomotif sejak 2005," kata perusahaan itu. 

Wi-Fi 6E
Wi-Fi 6E LG. (Sumber: LG Innotek)

"Menggunakan pengalaman ini, LG Innotek telah meningkatkan kinerja pemancar data dari struktur RF baru dan desain antena dengan gangguan komunikasi minimum," sambung pernyataan tersebut.

LG Innotek mengklaim, modul Wi-Fi baru menawarkan peningkatan kinerja dan daya tahan komunikasi. Karena Wi-Fi 6E-nya memiliki kecepatan transmisi data 1,2 gigabit per detik, hanya perlu 2 milidetik untuk menyambung ke jaringan, yang tujuh kali lebih cepat dari kecepatan saat ini, dan tidak memiliki masalah buffering saat memutar video resolusi tinggi. Modul Wi-Fi 6E juga memungkinkan penggunaan internet tanpa hambatan dengan banyak koneksi.

Dari segi ketahanan, produk ini dapat menahan perubahan suhu ektrem dari minus 40 derajat Celcius hingga 85 derajat Celcius. 

"Modul ini tidak mudah berubah bentuk oleh suhu rendah di musim dingin, dan dapat menahan panas yang dihasilkan oleh transmisi data," ungkap LG Innotek.

LG Innotek menargetkan produk ini dapat dipasarkan pada tahun 2022 mendatang. Targetnya, produsen komponen otomotif global di Amerika Utara, Eropa, China dan Jepang.

"Pentingnya infotainment dalam kendaraan untuk mobilitas generasi mendatang akan semakin berkembang," Vice President dan Head of Automotive Components & Electronics Business Unit LG Innotek Kim Sung-kug.