<i>Wow</i>, Ada Robot Barista dengan Sertifikat Master di Kantor Pusat LG
LG CLoi BaristaBot. (Sumber: LG Electronics via Koreatimes)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu keunggulan bekerja di perusahaan teknologi adalah, bisa menikmati teknologi terbaru yang dihasilkan, sebelum dinikmati oleh orang banyak. Seperti karyawan LG Electronics di Kantor Pusat LG yang terletak di Yeouido, Seoul.

Ya, karyawan di sini bisa menikmati kopi yang diracik dan diseduh langsung oleh robot. Yap, robot yang diberi nama CLoi BaristaBot. Bukan robot biasa tentunya, sebab robot ini telah mendapatkan sertifikasi 'Master' peracik kopi dari Asosiasi Kopi Korea. 

Sertifikat 'Master' pembuatan kopi mengevaluasi pemahaman individu atau sekarang robot, tentang alat pembuat kopi dan keterampilan dalam menyeduh kopi berkualitas.

Karyawan LG tampak bersemangat dengan rekan baru mereka yang mengilap, yang tampaknya akan secara bertahap menggantikan mesin kopi membosankan yang ada di ruang tunggu.

"Dulu kami memiliki mesin kopi di area lounge, tapi sekarang kami bisa menikmati secangkir kopi seduh yang dibuat oleh CLOi BaristaBot," kata seorang pejabat LG, melansir Koreatimes.

BaristaBot bukan satu-satunya robot yang meluncur dari jalur perakitan LG. Perusahaan ini diketahui telah menjadikan robot sebagai pilar utama bisnis masa depannya, fokus pada robot yang dapat menawarkan layanan sehari-hari, dan telah merancang mesin untuk bekerja di hotel, rumah sakit hingga restoran.

Misalnya saja robot sterilisasi yang menghilangkan bakteri menggunakan lampu Ultraviolet-C. Robot ini rencananya akan diluncurkan untuk pasar Amerika Serikat di paruh pertama tahun ini.

Pada Juli tahun lalu, LG juga meluncurkan 'Servebot', robot yang dilengkapi rak untuk mengantarkan makanan dengan empat rak yang mampu membawa hingga 20 kilogram makanan. Ada juga Servebot LG CLOi yang mampu mengirimkan barang menggunakan teknologi self-driving setelah memasukkan tujuan.

Mundur ke belakang, LG mulai mengoperasikan robot di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, yang mengelilingi terminal udara yang luas untuk membantu pengunjung yang membutuhkan bantuan pada tahun 2017. 

Robot itu juga dilengkapi dengan teknologi self-driving dan obstacle-avoiding. Robot ini mendapat pengakuan dari Kementerian Dalam Negeri pada Oktober 2020 lalu, karena dapat bergerak dengan aman, bahkan saat menggunakan lift.

LG berharap peran dari robot semakin meningkat, di tengah pandemi saat ini berdasarkan preferensi konsumen yang menginginkan layanan jarak jauh. Selain itu, penggunaan robot di kantor juga bisa mengurangi beban karyawan sebagai pengganti, dalam melakukan tugas-tugas sederhana.

Terkait