Bagikan:

JAKARTA - LG Electronics awal bulan ini meluncurkan layanan berlangganan untuk robot CLOi yang dilengkapi dengan fitur AI (kecerdasan buatan) yang disempurnakan, sebagai bagian dari upaya untuk memperluas kehadirannya di pasar bisnis-ke-bisnis (B2B), kata perusahaan.

LG meluncurkan layanan berlangganan Robot as a Service (RaaS) bulan ini, yang menampilkan CLOi ServeBot. Robot layanan ini dapat menyajikan makanan di restoran hingga membantu pengiriman di rumah sakit atau hotel.

Melalui layanan berlangganan robot CLOi, LG berharap klien B2B dapat mengatasi tingginya biaya pembelian awal dan beban manajemen dan inspeksi produk yang harus mereka pertimbangkan saat memperkenalkan robot layanan.

"Sepanjang masa kontrak, LG akan menyediakan manajemen dan layanan profesional setiap enam bulan melalui layanan Care Solution Manager," kata perusahaan itu, dilansir dari The Korea Times 10 Juli.

"Ini termasuk memeriksa status produk sistem deteksi otomatis, sensor deteksi jarak dan motor; memeriksa sakelar daya, terminal pengisian daya, pengoperasian roda robot dan kerusakan eksterior secara berkala; dan membersihkan eksterior," katanya.

CLOi ServeBot menggunakan suspensi independen pada keenam rodanya untuk mencegah tumpahan cairan akibat berhenti, menyala, atau bergetar secara tiba-tiba, sehingga memungkinkannya bergerak stabil di lantai toko yang tidak rata sambil membawa makanan atau cairan.

Selain itu, sensor LiDAR, atau deteksi cahaya dan pengukuran jarak, dan kamera 3D dari robot tersebut memindai ruang untuk menghindari rintangan, dan mereka dapat membawa barang dengan berat hingga 40 kilogram, imbuh perusahaan tersebut.

Selain CLOi ServeBot, LG juga memulai layanan berlangganan untuk robot memasak CLOi TuiiBot yang dikembangkan oleh perusahaan rintisan perusahaan-dalam-perusahaan tersebut.

"CLOi TuiiBot adalah robot untuk hidangan goreng yang secara otomatis menggerakkan baki dan memasak," kata perusahaan tersebut.

"Ia tidak hanya mempertahankan rasa yang konsisten berdasarkan resep yang telah dimasukkan sebelumnya, tetapi juga mencegah kecelakaan keselamatan selama prosedur memasak karena memiliki kap dan pagar pengaman yang terintegrasi," tambahnya.

LG mengatakan periode kontrak berlangganan untuk robot mereka adalah tiga tahun, dengan biaya berlangganan bulanan sebesar 660.000 won untuk CLOi ServeBot dan 1,4 juta won untuk CLOi TuiiBot.

LG berencana untuk terus memperluas layanan berlangganan robotnya bagi pelanggan B2B guna memanfaatkan pasar robot yang sedang berkembang.

Menurut Asosiasi Industri Robot Korea, nilai pasar robot layanan negara itu sekitar 1 triliun won pada tahun 2022, naik sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya.