Dukungan SOS Satelit Muncul di Perangkat Pixel
 Google tambahkan fitur SOS Satelit di Pixel 8 (foto: dok. Google) 

Bagikan:

JAKARTA – Google Pixel merupakan ponsel Android pertama yang memiliki fitur SOS Satelit. Fitur ini dikembangkan pada akhir tahun lalu dan akhirnya terlihat pada Sabtu, 2 Maret lalu. 

Untuk melihat fitur ini, pengguna Pixel harus membuka Pengaturan terlebih dahulu. Setelah itu, buka menu Keamanan dan Darurat. Pengguna akan melihat fitur SOS Satelit di antara fitur SOS Darurat dan Deteksi Tabrakan Mobil. 

Fitur ini sepertinya belum selesai dikembangkan karena masih belum bisa digunakan. Saat fiturnya diketuk, perangkat Google Pixel tidak akan menampilkan apa pun. Fitur ini baru terbuka setelah 9to5google membukanya melalui Pixel yang di-root

Halaman SOS menampilkan beberapa layanan darurat. Fitur tersebut menjelaskan bahwa, "Dengan Pixel, Anda dapat mengirim pesan ke layanan darurat dan membagikan lokasi Anda saat tidak dapat terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi."

Halaman itu juga menjelaskan bahwa pengguna bisa menelepon atau mengirimkan pesan layanan darurat, membagikan lokasi menggunakan Google Maps, dan menjawab pertanyaan tentang keadaan darurat dengan satelit. 

"Saat Anda terhubung dengan layanan darurat melalui satelit, nama, email, nomor telepon, lokasi, informasi perangkat (IMEI, bahasa, model, level baterai), dan informasi darurat Anda dibagikan dengan layanan darurat dan penyedia layanan satelit."

Belum diketahui kapan fitur ini bisa diakses secara normal. Namun, melihat fiturnya sudah diluncurkan ke perangkat Pixel yang kompatibel, fitur ini mungkin akan diluncurkan dalam waktu dekat