Bagikan:

 

JAKARTA – iPhone 14 merupakan perangkat pertama yang mendapatkan dukungan konektivitas satelit. Fitur ini sangat berguna untuk berkomunikasi di saat mendesak. Sepertinya, fitur ini akan tersedia di Google Maps.

Beberapa waktu lalu, muncul kabar bahwa Pixel 9 akan menjadi perangkat kedua yang memiliki konektivitas satelit. Perangkat tersebut akan dilengkapi modem yang bisa berkomunikasi langsung dengan satelit yang sedang mengorbit.

Kabar ini semakin menguat setelah pengamat aplikasi AssembleDebug di X, mengutip dari Android Police, membagikan kode tersembunyi dari Google Maps beta versi v11.125. Kode aplikasi mencatat bahwa Maps akan dilengkapi dukungan satelit langsung.

Ada tiga rangkaian kode yang berhasil ditemukan di Google Maps. Kode pertama dan kedua digunakan untuk menghubungkan perangkat ke satelit, sedangkan kode ketiga menjelaskan dukungan konektivitas satelit di aplikasi tersebut.

String kode yang terakhir menjelaskan bahwa Maps bisa memperbarui lokasi pengguna dalam interval 15 menit selama perangkat menggunakan konektivitas satelit. Namun, pembaruan lokasi ini terbatas dan hanya bekerja hingga lima kali dalam sehari.

Google tidak mengungkapkan kapan fitur ini akan diluncurkan karena perusahaan tersebut memang jarang menentukan batasan waktu dalam memperbarui fiturnya. Sepertinya, Google memang sengaja menyimpan fiturnya hingga Pixel 9 diluncurkan.

Kaitan antara konektivitas satelit di Maps dan di Pixel 9 ini masih dugaan sementara. Untuk mengetahui apakah fitur ini memang akan ditambahkan ke Pixel 9, kita harus menunggu hingga perangkatnya diluncurkan oleh Google.