Bagikan:

JAKARTA – Google meluncurkan cara baru untuk menjelajahi tempat dan berinteraksi dengan tempat tersebut di Maps. Hanya dengan Augmented Reality (AR), pengguna bisa merasakan pengalaman immersive.

Untuk melihat konten AR yang ditambahkan Google, pengguna hanya perlu mencari lokasi yang menawarkan dukungan AR di aplikasi Maps. Setelah itu, ketuk ikon AR Experience hingga Street View muncul dan menampilkan tempat yang sedang dicari.

Menariknya, AR Experience bisa membawa pengguna kembali ke masa lalu. Misalnya, saat pengguna mencari Menara Eiffel, mereka bisa melihat konsep arsitektur dari bangunan tersebut di tahun 1900-an. Pengguna juga akan melihat kartu informasi.

Kartu ini akan muncul di sekitar tempat yang sedang dilihat. Saat tombol Pelajari Lebih Lanjut diketuk, pengguna akan mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai sejarah dan budaya bangunan tersebut di masa lalu.

Dukungan AR Experience ini terbatas dan tidak terlihat di seluruh lokasi. Pada akhir musim panas ini, Google akan menambahkan dukungan AR Experience untuk melihat Katedral Notre-Dame pada tahun 1789 dan Bastille Saint-Antoine sebelum Revolusi Prancis.

Google juga akan menambahkan tampilan Palais des Tuileries sebelum dihancurkan pada ratusan tahun lalu. Pengalaman AR ini bisa dilihat saat pengguna mengunjungi lokasinya secara langsung atau hanya melalui fitur Street View di Maps.

Selain lokasinya yang terbatas, perangkat yang mendukung AR Experience juga terbatas. Tidak semua perangkat bisa melihat fitur baru ini. Jika perangkat pengguna tidak kompatibel, mereka hanya akan melihat fitur Immersive View saat mencari Menara Eiffel.