Fitur Baru Google Maps Berikan Informasi Lebih Spesifik Lokasi Pengisian Daya Kendaraan Listrik
Tampilan fitur baru Google Maps (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan fitur baru untuk Google Maps dan Penelusuran, yang akan membantu pengguna kendaraan listrik lebih mudah menemukan informasi spesifik tentang lokasi pengisi daya. 

Pertama, dalam beberapa bulan mendatang, Google Maps akan menambahkan detail informasi di mana tepatnya stasiun pengisian daya kendaraan listrik itu berada. Hal itu didasarkan pada ringkasan AI dari ulasan-ulasan pengguna. 

Contohnya, saat Anda menuju ke stasiun pengisian daya, Anda mungkin melihat deskripsi mendetail, seperti “Masuk ke tempat parkir bawah tanah lalu ikuti rambu menuju pintu keluar. Sesaat sebelum keluar, belok kanan.”

Selain itu, jika Anda sedang bepergian dan baterai kendaraan listrik Anda sudah hampir habis, Google Maps akan menampilkan lokasi pengisi daya terdekat di peta dalam mobil, dengan informasi seperti ketersediaan port real-time dan kecepatan pengisian. 

Pembaruan ini akan diluncurkan secara global, dimulai pada kendaraan yang dilengkapi Google dalam beberapa bulan mendatang.

Terakhir, Google juga akan menyarankan penghentian pengisian daya, perkiraan konsumsi energi, dan lainnya saat Anda merencanakan perjalanan multi-stop. Fitur ini akan tersedia secara global dalam beberapa bulan mendatang untuk kendaraan yang dilengkapi Google.

Dan jika Anda berencana menginap semalam, Google akan membantu Anda, dengan mencari stasiun pengisian daya. Dengan filter EV baru di google.com/travel, Anda dapat menemukan hotel di Penelusuran yang menawarkan pengisian daya EV di lokasi.