Lockheed Martin Berencana Mengakuisisi Terran Orbital
Lockheed Martin ingin akuisisi Terran Orbital (foto: dok. Terran Orbital) 

Bagikan:

 JAKARTA – Lockheed Martin, perusahaan kedirgantaraan asal AS, berencana mengakuisisi produsen satelit kecil bernama Terran Orbital. Akuisisi ini bernilai lebih dari 500 juta dolar AS (Rp7,8 triliun).

Mengutip dari laporan Spacenews, rencana akuisisi ini telah berjalan sejak akhir tahun lalu. Mereka telah berdiskusi mengenai penjualan dan alternatif strategis sejak bulan Desember. Diskusi ini difasilitasi oleh perusahaan investasi Jefferies LLC. 

Setelah berdiskusi selama beberapa bulan, Lockheed akhirnya mengajukan surat permohonan akuisisi ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS. Di dalam surat tersebut, Lockheed mengungkapkan beberapa tawaran yang akan mereka berikan ke Terran. 

Perusahaan itu mengatakan bahwa mereka akan membayar 1 dolar AS (Rp15.700) untuk setiap lembar saham Terran sehingga nilai perusahaan akan berada di bawah 200 juta dolar AS (Rp3,1 triliun). Selain itu, Lockheed juga akan membeli waran saham dan menanggung utang Terran Orbital. 

"Lebih dari 70 juta dolar AS (Rp1 triliun) tunai agregat untuk waran Terran yang beredar. Asumsi atau pembayaran kembali liabilitas utang Terran saat ini sebesar 313 juta dolar AS (Rp4,9 triliun) pada tanggal 30 September 2023," tulis Lockheed dalam suratnya. 

Lockheed mengatakan bahwa akuisisi ini akan memberikan peluang yang sangat menarik bagi perusahaannya. Lockheed juga merasa bahwa bisnis yang dibangun Terran sejalan dengan prioritas pertumbuhan yang diharapkan oleh perusahaannya. 

"Terran mewakili peluang menarik bagi Lockheed Martin. Kemampuan unggul dan momentum bisnis Terran selaras dengan salah satu prioritas pertumbuhan strategis Lockheed Martin Space dan transaksi ini akan mempercepat strategi tersebut," tambah Lockheed. 

Lockheed Martin dan Terran Orbital telah bekerja sama sejak tahun 2017. Keduanya menjalin hubungan yang saling menguntungkan setelah Lockheed berpartisipasi dalam putaran seri A Terran Orbital. Lockheed juga pernah berinvestasi pada Terran di tahun 2022.

Selama kemitraan mereka berlangsung, Lockheed menggunakan bus Terran Orbital untuk beberapa program. Menurut Lockheed, Terran memberikan solusi satelit yang sangat mengesankan, baik untuk pemerintahan maupun pelanggan komersial. 

"Hubungan kerja Lockheed Martin yang sudah lama terjalin dengan Terran dan posisi kami sebagai pelanggan terbesar Terran, mendasari keyakinan kami terhadap keselarasan budaya yang kuat dari para pihak dan kemampuan kami untuk secara cepat dan berhasil mengintegrasikan Terran dan orang-orangnya dengan Lockheed Martin," jelas Lockheed.