Sony PHK 900 Karyawan PlayStation, Kenapa?
Sony phk karyawan (foto: Sony)

Bagikan:

JAKARTA - Di antara banyaknya perusahaan gim yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), Sony Interactive Entertainment (SIE) resmi mengumumkan bahwa mereka juga memberhentikan 8 persen tenaga kerjanya atau sekitar 900 karyawan.

Dalam sebuah pengumuman yang disampaikan langsung oleh Jim Ryan selaku Presiden & CEO, Sony Interactive Entertainment, pemberhentian ini mencakup karyawan Sony dari seluruh dunia.

"Kami telah membuat keputusan yang sangat sulit untuk mengumumkan rencana kami untuk memulai pengurangan jumlah karyawan kami secara global sekitar 8 persen atau sekitar 900 orang," tulisnya, dikutip Rabu, 28 Februari.

Ryan menyatakan bahwa keputusan pemberhentian tenaga kerja ini dilakukan untuk mempersiapkan perusahaan di masa depan untuk mengatur bisnis dan apa yang akan mereka lakukan ke depannya.

Dengan harapan, untuk merampingkan sumber daya Sony untuk memastikan kesuksesan dan kemampuan Sony yang berkelanjutan untuk memberikan pengalaman yang diharapkan oleh para gamer dan pencipta.

"Kita perlu memenuhi harapan dari pengembang dan gamer dan terus mendorong teknologi masa depan dalam bermain gim, jadi kami mengambil langkah mundur untuk memastikan kami siap untuk terus membawa pengalaman bermain gim terbaik ke komunitas," lanjutnya.

Ryan juga membagikan salinan email internal yang dia kirim ke staf PlayStation, memberi tahu mereka tentang rencana restrukturisasi perusahaan yang akan datang dan dampaknya.

Email itu berisikan, "Melalui diskusi selama beberapa bulan terakhir tentang lanskap ekonomi yang berkembang, perubahan dalam cara kami mengembangkan, mendistribusikan, dan meluncurkan produk, dan memastikan organisasi kami siap di masa depan dalam industri yang berubah dengan cepat ini, kami telah menyimpulkan bahwa keputusan sulit telah menjadi tak terhindarkan. Tim kepemimpinan dan saya membuat keputusan yang sangat sulit untuk merestrukturisasi operasi, yang sayangnya mencakup pengurangan tenaga kerja kami yang berdampak pada individu yang sangat berbakat yang telah berkontribusi pada kesuksesan kami."

Sejumlah studio PlayStation pihak pertama akan terkena dampak PHK, termasuk Naughty Dog, Insomniac Games, Guerrilla, dan Firesprite. Selain itu, SIE London Studio akan ditutup seluruhnya.