Bagikan:

JAKARTA - Survei terbaru Populix menyebutkan bahwa mayoritas (82%) pengguna internet mengaku pernah melihat iklan judi online selama enam bulan terakhir, dan 63% di antaranya mendapatkan iklan serupa setiap kali mengakses internet. 

Survei yang bertajuk “Understanding the Impact of Online Gambling Ads Exposure” ini juga melihat iklan judi slot mendominasi internet, dengan angka persentase yang cukup tinggi yaitu 80%. 

Lebih lanjut, jumlah ini diikuti dengan iklan judi domino sebesar 59%, poker online (48%), kasino online (47%) serta judi bola sebesar 44%.

Data yang memprihatinkan sebelumnya juga dirilis oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), bahkan mencatat total perputaran uang dari judi online sepanjang 2023 mencapai Rp327 triliun.

Selain itu, sebanyak 84% responden mengamati bahwa iklan perjudian online sering kali masuk dalam konten-konten media sosial, seperti Instagram, YouTube, dan Facebook. 

Iklan-iklan ini juga mendapat ruang yang signifikan di situs web, khususnya di situs web film (55%) dan situs web gaming (57%). Selain itu, iklan judi online  juga sering terlihat dari konten-konten para influencer yang melakukan promosi judi online (20%), meski jenis iklan ini sudah dilarang di Indonesia.