East Ventures dan Kadin Indonesia Luncurkan ECOVISEA, Kalkulator Emisi Gas Rumah Kaca Berbasis Web
Tampilan situs ECOVISEA dari East Ventures dan Kadin Indonesia (foto: East Ventures)

Bagikan:

JAKARTA - Melanjutkan komitmennya menuju target emisi nol bersih, East Ventures dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), meluncurkan ECOVISEA (Emission Calculator & Visualization Southeast Asia). 

Menggandeng WRI Indonesia sebagai knowledge partner, ECOVISEA adalah kalkulator emisi gas rumah kaca global berbasis web dan dapat digunakan secara gratis oleh perusahaan untuk menghitung dan mengukur dampak lingkungannya.

“Inisiatif ini mencerminkan komitmen kami melalui Kadin Net Zero Hub untuk membantu perusahaan-perusahaan nasional dalam transisi menuju Net Zero Company,” kata Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia dalam pernyataan yang diterima pada Selasa, 6 Februari. 

Kedua pihak juga setuju bahwa penghitungan emisi oleh perusahaan terkait dampak lingkungan yang mereka hasilkan, merupakan langkah krusial dan mendasar.  

“Kami yakin bahwa ECOVISEA akan memainkan peran penting dalam memungkinkan perusahaan-perusahaan nasional secara kolektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencapai Emisi Nol Bersih pada tahun 2060,” tambahnya. 

Partner East Ventures, Avina Sugiarto juga mengungkapkan bahwa platform inovatif ini dapat menyederhanakan proses perhitungan karbon yang sebelumnya dilakukan secara manual sekaligus memberdayakan dunia usaha untuk mendapatkan visualisasi sumber emisi GRK mereka. 

Perusahaan dapat mengunjungi ecovisea.com untuk melakukan pendaftaran akun. Setelah perusahaan terverifikasi dan terdaftar, para pengguna akan diarahkan dengan petunjuk langkah demi langkah untuk mengunggah datanya ke dalam dasbor akun perusahaan. 

Setelah data terisi, perusahaan akan mendapatkan hasil perhitungan atau laporan secara real-time yang disajikan dalam format kumpulan data dan visualisasi, yang mencakup informasi penting, termasuk jumlah emisi dengan rincian data serta analisis tren waktu. 

Selain itu, perusahaan dapat dengan mudah menyimpan draf dan memperbarui data di setiap tahap proses, sehingga pengguna memiliki fleksibilitas untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan sesuai kebutuhan.