Bagikan:

YOGYAKARTA – Microsoft Excel merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menata data atau memvisualisasikan data dalam bentuk bentuk grafik, agar lebih mudah dibaca atau dipresentasikan. Lantas, bagaimana cara membuat grafik di Excel? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Grafik di Excel

Sebagai informasi, Microsoft Excel adalah software spreadsheet editor yang populer. Excel dibekali fitur visualisasi data yang dapat dimanfaatkan penggunanya untuk membuat grafik. Grafik tersebut dibuat berdasarkan data yang ada dalam speadsheet. Adapun cara membuat grafik di Excel adalah sebagai berikut:

  • Masukkan data ke dalam Microsoft Excel: Anda bisa meng-import data atau memasukkan secara manual ke dalam Excel. Pastikan Anda menyertakan label pada kolom dan barisnya. Bila Anda ingin memasukkan seluruh data maka Anda bisa mengeblok semuanya. Jika hanya data tertentu maka bisa mengeblok tabel dan kolom yang diinginkan.
  • Pilih “Insert” pada data yang dipilih: Setelah mengeblok kolom data yang diinginkan, pilih menu “Insert” yang ada di menu bar. Menu terletak di bagian kiri atas, sebelah menu “Home”.
  • Pilih jenis grafik: Setelah klik “Insert”, aplikasi akan menampilkan aneka jenis grafik. Bila ingin melihat tampilan grafik yang lebih jelas, maka klik “Recommended Charts”. Untuk menampilkan semua pilihan grafik bisa klik “All Charts”.
  • Mengatur grafik di Worksheet: Usai memilih grafik yang cocok, sistem secara otomatis akan memunculkannya di worksheet. Aturlah posisi grafik tersebut supaya tidak mengganggu tabel data. Caranya, klik grafik kemudian geser sesuai keinginan. Untuk mengubah ukuran grafik, Anda bisa mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik kemudian tarik.
  • Ubah judul grafik: Selain mengubah tampilan grafik, Andajuga bisa mengubah nama atau judul grafik tersebut. Caranya sangat mudah, cukup klik tulisan yang ada di bagian atas grafik, kemudian ubah judul grafik sesuai yang Anda inginkan.

Jenis-Jenis Grafik di Excel

Microsoft Excel memiliki berbagai macam grafik yang dapat digunakan untuk merepresentasikan data. Berikut beberapa jenis grafik di Excel yang perlu Anda ketahui:

  • Chart column: disebut juga dengan grafik tipe kolom, grafik ini dapat digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk baris di sumbu horizontal dengan kategori nilai di sumbu vertikal. Jenis grafik ini biasanya digunakan untuk menampilkan rentang nilai dan pengaturan skala tertentu.
  • Line chart: ini merupakan grafis yang menampilkan data secara merata di sepanjang sumbu horizontal dengan nilai ditampilkan di sumbu vertikal. Grafik garis untuk menampilkan data berkelanjutan dari waktu ke waktu, misalnya tren data pada interval tertentu.
  • Pie chat: Jenis grafik ini kerap dipakai untuk menampilkan data perbandingan. Umumnya pie char dipakai pada satu seri data, tidak ada nilai nol dan negatif dalam data serta memiliki kurang dari 7 kategori yang diwakili di pie.
  • Bar chart: disebut juga dengan grafik batang, jenis grafik ini menampilkan perbandingan masing-masing item ke dalam bentuk batang di sepanjang sumbu vertikal dan di sepanjang sumbu horizontal. Grafik ini umumnya digunakan untuk menampilkan data terkait durasi.
  • Combo chart: Data ditampilkan dengan menggabungkan dua atau lebih jenis grafik. Umumnya ini dilakukan pada data dengan variasi berbeda agar semakin mudah dipahami.
  • Surface chart: Ini merupakan jenis grafik dengan tampilan 3D. Grafik ini berfungsi untuk menemukan kombinasi antara dua kumpulan data. Serupa dengan peta topografi, maka ada warna dan pola yang menunjukkan area dalam kisaran nilai yang sama.

Demikian informasi tentang cara membuat grafik di Excel. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.