Laporan Jobstreet: 97 Persen Perusahaan Melakukan Rekrutmen di Tahun 2023
Sawitri dan Wisnu Dharmawan dari JobStreet by SEEK Indonesia (Dinda Buana VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Platform pencari kerja profesional Jobstreet by SEEK meluncurkan laporan eksklusif terbaru yang bertajuk “Rekrutmen, Kompensasi, dan Manfaat 2024” pada Kamis, 25 Januari.

Survei yang dilakukan terhadap 1.180 praktisi rekrutmen (talent acquisition) di Indonesia dari berbagai sektor utama seperti Manufaktur, IT & Telekomunikasi, dan Ritel & Perdagangan, memberikan wawasan mengenai lanskap rekrutmen saat ini dan proyeksi perkembangannya untuk 2024.

“Laporan eksklusif ini merupakan bentuk komitmen kami dalam membantu perusahaan mencapai kesuksesan bisnisnya di tengah dinamika pasar tenaga kerja Indonesia,” kata Sawitri, Country Marketing Manager - Indonesia, Jobstreet by SEEK.

Laporan ini menunjukkan tren peningkatan momentum rekrutmen di mana 97 persen perusahaan melakukan rekrutmen pada tahun 2023, meningkat 5 persen dibandingkan pada tahun 2022.

Pada tahun 2023, Admin dan HR merupakan pekerjaan yang terpopuler yang direkrut oleh 40 persen perusahaan, disusul oleh Akunting 34 persen, sedangkan Teknik naik ke posisi kelima dengan 20 persen, melampaui Teknologi Informasi 15 persen.

Selain itu, survei Jobstreet ini juga melihat bahwa di tahun 2024, banyak perusahaan yang bertujuan untuk melakukan lebih banyak perekrutan karyawan.

“Banyak perusahaan melihat tahun 2024 sebagai periode yang tepat untuk merekrut, memberikan peluang baik bagi mereka yang sedang mencari tenaga profesional yang ahli,” ujar Wisnu Dharmawan, Sales Director - Indonesia, Jobstreet by SEEK.