Satelit IXPE NASA Terima Penghargaan Bruno Rossi Prize 2024
 Satelit IXPE terima penghargaan (foto: dok. NASA)

Bagikan:

 JAKARTA – Satelit Imaging X-ray Polarimetry Explorer (IXPE) milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang astronomi energi tinggi.

Penghargaan ini diberikan oleh divisi Astrofisika Energi Tinggi dari American Astronomical Society (ASS). Mereka menyerahkan Bruno Rossi Prize 2024, anugerah yang dibuat untuk menghargai kontributor di bidang astrofisika tingkat tinggi.

Bruno Rossi Prize 2024 diserahkan kepada pensiunan Astofisikawan NASA, Martin Weisskopf, pemimpin misi IXPE. Menurut AAS, IXPE telah memajukan pemahaman ilmuwan mengenai emisi yang berasal dari guncangan astrofisika, lubang hitam, dan bintang neutron.

“IXPE adalah realisasi dari kerja keras dan keyakinan selama puluhan tahun akan pentingnya pengukuran polarisasi sinar-X untuk astronomi sinar-X. Saya merasa terhormat dan bersemangat untuk berbagi hadiah ini dengan Paolo Soffitta dan seluruh tim IXPE,” kata Weisskopf.

Sementara itu, Penyelidik Utama Badan Antariksa Italia Paolo Soffitta mengatakan bahwa satelit IXPE merupakan kolaborasi sukses antara Italia dan Amerika Serikat. Satelit ini diharapkan bisa bertahan hingga 30 tahun ke depan.

“Sungguh luar biasa menerima penghargaan ini bersama Martin Weisskopf dan atas nama banyak orang yang keahlian dan antusiasmenya telah memungkinkan terobosan dalam astrofisika ini,” ujar Soffitta.

IXPE merupakan kemitraan internasional untuk mengamati emisi sinar-X dari fenomena kosmos yang kuat. Satelit ini diluncurkan pada Desember 2021 dan ditempatkan di jarak 340 mil dari permukaan Bumi.

Misi ini seharusnya selesai pada tahun 2023, tetapi NASA memperpanjang misinya selama 20 bulan hingga September 2025. Perpanjangan misi ini dilakukan setelah IXPE mendeteksi peristiwa kosmos yang tidak terduga pada akhir tahun 2022.