Google Perbarui Tampilan Gboard Khusus untuk Tablet Pixel
Google perbarui Gboard di Tablet Pixel (foto: dok. Google)

Bagikan:

 JAKARTA – Google memperbarui user interface (UI) dari aplikasi Gboard atau keyboard digital. Pembaruan toolbar untuk pengetikan berbasis suara ini hanya ditambahkan ke perangkat Tablet Pixel.

Sebelumnya, saat pengguna ingin menggunakan asisten pengetikan berbasis suara, keyboard masih ditampilkan di layar. Namun, layar pengetikan akan terlihat lebih minim karena keyboard-nya memakan tempat.

Oleh karena itu, Google meluncurkan tombol toolbar di samping ikon Asistan Suara. Saat toolbar tersebut diklik, keyboard akan menghilang secara otomatis dan digantikan dengan kolom sedang yang memberikan tanda bahwa Asisten Suara sedang bekerja.

Saat keyboard disembunyikan, layar akan menjadi lebih lebar. Hal ini akan sangat berguna karena sebagian pengguna mungkin terganggu dengan keyboard yang masih muncul saat mereka sedang menggunakan Asisten Suara.

Pengguna masih bisa menambahkan emoji ke dalam pengetikan saat keyboard disembunyikan. Pasalnya, kolom sedang yang berada di bawah layar pengetikan memiliki ikon khusus untuk menambahkan emoji.

Saat diklik, keyboard bagian emoji akan ditampilkan, kemudian keyboard akan menghilang lagi setelahnya. Pengguna juga bisa mengakses Pengaturan dengan mengeklik ikon garis tiga horizontal di samping ikon emoji.

Sejauh ini, Google baru menambahkan pembaruan tersebut ke Gboard versi 13.7 beta. Belum diketahui kapan versi ini akan dirilis ke aplikasi biasa, tetapi pembaruannya hanya kompatibel di perangkat Android 14 QPR1.