YouTube dan Spotify Tidak Menambahkan Aplikasi Asli di Vision Pro
YouTube dan Spotify tidak ada di Vision Pro (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Netflix mengatakan bahwa mereka tidak berniat meluncurkan aplikasi versi iPad di Apple Vision Pro. Rupanya, YouTube dan Spotify memiliki pemikiran serupa.

Dari laporan 9to5google, platform media sosial dan streaming musik itu tidak akan menjalankan aplikasi mereka di Vision Pro. Meskipun aplikasi versi iPad bisa ditambahkan secara otomatis ke Vision Pro, mereka memilih untuk tidak menyertakannya.

YouTube, mengutip dari Bloomberg, mengatakan bahwa tidak akan menambahkan aplikasi asli ke Vision Pro untuk saat ini. Perusahaan itu menjelaskan bahwa, “Pengguna YouTube bisa menggunakan YouTube di Safari yang ada di Vision Pro.”

Sementara itu, Spotify mengatakan kepada The Verge bahwa mereka belum berencana meluncur kan versi aplikasi asli di Vision Pro. Mereka juga, “tidak berharap mengaktifkan aplikasi iPad-nya untuk berjalan di perangkat saat diluncurkan.”

Selain YouTube dan Spotify, beberapa aplikasi besar yang menolak memasukkan versi aplikasi iPad ke Vision Pro adalah Instagram, Threads, Facebook, WhatsApp, dan TikTok. Namun, ada kemungkinan para pengembang ini berubah pikiran di kemudian hari.

Sebenarnya, ada dua opsi penambahan aplikasi di Vision Pro. Pengguna bisa menambahkan aplikasi asli yang sudah dikembangkan dan dioptimalkan sesuai perangkat komputer spasial itu atau mengizinkan aplikasi di iPad berjalan untuk Vision Pro.

Jika para pengembang melarang aplikasi versi iPad mereka berjalan di Vision Pro, Apple tidak akan menambahkan aplikasi itu ke dalam daftar. Akses pengguna juga akan dibatasi dan mereka tidak akan bisa menjalankan aplikasi tersebut di Vision Pro.

Apple akan meluncurkan Vision Pro pada 2 Februari mendatang sehingga para pengembang masih memiliki waktu dua minggu untuk berubah pikiran. Mereka bisa membatalkan keputusan untuk menghentikan aplikasi iPad di Vision Pro atau membuat aplikasi asli di perangkat tersebut.