Bagikan:

JAKARTA - Penelitian terbaru dari Bitcoin ESG Forecast telah mengungkapkan bahwa penggunaan energi berkelanjutan dalam penambangan Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi baru sebesar 54,5%, dengan peningkatan penambangan berkelanjutan sebesar 3,6% secara keseluruhan selama tahun kalender 2023.

Menurut sebuah artikel di blog mereka, Bitcoin ESG Forecast menganalisis data dari Bitcoin Energy and Emissions Sustainability Tracker (BEEST) model mereka dan membandingkan campuran energi berkelanjutan Bitcoin dengan industri lain selama empat tahun terakhir menggunakan data yang tersedia secara publik.

Menurut data tersebut, saat ini penambangan Bitcoin merupakan pengguna tertinggi energi berkelanjutan (54,5%) di berbagai subsektor, dan mencapai peningkatan penambangan berkelanjutan sebesar 3,6% untuk tahun kalender 2023 dibandingkan dengan industri global lainnya.

Bitcoin ESG Forecast menemukan bahwa penambang Bitcoin off-grid menggunakan emisi metana. Menurut penelitian tersebut, produsen minyak kecil di Kanada dan AS membayar izin untuk membiarkan gas alam, beberapa mengeluarkan metana secara langsung, yang sulit terdeteksi.

Namun, beberapa perusahaan penambangan menggunakan metana yang dikeluarkan untuk menghasilkan listrik untuk penambangan Bitcoin, mengurangi dampak lingkungan dibandingkan dengan membiarkannya keluar ke udara. Hal ini berarti jaringan Bitcoin dapat mengurangi 7,3% dari semua emisinya tanpa offset, mencapai rekor tertinggi baru dan tingkat mitigasi emisi tanpa offset tertinggi dari semua industri.

Menurut artikel tersebut, penambangan berkelanjutan tambahan, seperti ekspansi Tether ke penambangan hidro di Amerika Latin dan penemuan lebih banyak penambangan metana off-grid yang mengurangi emisi, berarti jaringan Bitcoin menggunakan lebih banyak energi berkelanjutan daripada sebelumnya.

Setelah larangan penambangan di China dan larangan efektifnya di Kazakhstan, para penambang pada umumnya beralih ke jaringan yang lebih ramah lingkungan di Amerika Utara atau situs off-grid berkelanjutan. Posting tersebut menyatakan bahwa jaringan global menjadi lebih hijau sebesar 0,7% per tahun, menghasilkan peningkatan intensitas emisi sebesar 29% untuk penambang Bitcoin on-grid dibandingkan dengan tahun 2021.