Twilio Ungkap Pentingnya Personalisasi dalam Strategi Pemasaran di Era Bisnis Berbasis Data
Pentingnya personalisasi dalam pemasaran (foto: Twilio)

Bagikan:

JAKARTA - Twilio, platform interaksi dengan pelanggan, menghadirkan berbagai solusi untuk membangun strategi pemasaran dengan penekanan pada personalisasi di era bisnis berbasis data saat ini. 

“Seraya kita bersiaga menghadapi resesi ekonomi dunia berikutnya, tampak sebuah tren yang terus berkembang. Adopsi strategi pemasaran berbasis data kini semakin diandalkan oleh bisnis,” ujar Liz Adeniji, APAC Sales Director, Twilio Segment dalam keterangannya, dikutip Jumat, 12 Januari. 

Liz menegaskan bahwa personalisasi berbasis data yang beroperasi pada basis 1:1 dengan presisi tinggi merupakan pilar baru bagi bisnis dan telah membawa dampak yang begitu luar biasa di lini pemasaran. 

Selain itu, personalisasi juga memungkinkan petugas di call center untuk menghadirkan solusi kepada pelanggan dengan lebih cepat, sehingga pelanggan merasakan pengalaman yang lebih baik, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis. 

“Strategi ini juga mendukung tim pengembangan produk dalam menghadirkan produk-produk yang lebih sesuai dengan preferensi pelanggan,” imbuh Liz.

Meskipun diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Nomor 22 Tahun 2022, bisnis diwajibkan untuk menjaga kepatuhan terhadap aturan kerahasiaan data maupun privasi,  Liz mengatakan, apabila strategi personalisasi diterapkan dengan tepat, strategi ini memungkinkan perusahaan menyasar konsumen dengan konten yang relevan dengan mereka, tanpa mengkompromikan masalah privasi data.

“Penerapan strategi personalisasi bukanlah penghalang bagi kreativitas pemasar dalam membangun konten-konten pemasaran yang jitu. Personalisasi, bahkan justru bisa meningkatkan dan memantik kreativitas para pemasar perusahaan,” tambahnya. 

Yang paling penting adalah, penerapan strategi personalisasi ini hendaknya fokus pada bagaimana mengoptimalkan penghematan biaya dan meningkatkan keuntungan bisnis, serta kepatuhan terhadap aturan privasi data, sehingga ini menjadi senjata ampuh bagi para pelaku bisnis dan mereka yang berkecimpung di bidang pemasaran. 

“Seiring dengan evolusi yang terjadi dalam penerapan metode pemasaran berbasis data, penerapan personalisasi tampil menjadi sebuah strategi yang penting untuk dilakukan oleh bisnis,” tutup Liz.