Elon Musk Pertimbangkan Penggunaan Bitcoin di Mars Meski Hadapi Kendala Transaksi Lambat
Ilustrasi AI Elon Musk di Planet Mars. (foto: x @EMusk63444)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk awalnya menolak gagasan penggunaan Bitcoin (BTC) sebagai mata uang di Mars. Namun CEO Tesla dan pendiri SpaceX ini mungkin baru saja membuka pikirannya terhadap hal tersebut, meski hanya sedikit.

Dalam ruang di X (sebelumnya Twitter) berjudul "ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) Disetujui," bersama CEO ARK Invest, Cathie Wood, Musk awalnya menolak penggunaan Bitcoin sebagai mata uang di Mars karena waktu penyelesaian transaksi yang signifikan.

"Sepertinya masuk akal untuk menggunakan jenis cryptocurrency di Mars; Anda tidak bisa menggunakan Bitcoin karena rekonsiliasi memakan waktu terlalu lama." Ini muncul dalam visi berkelanjutan Musk untuk membangun koloni di Mars pada tahun 2050, dengan berpendapat bahwa manusia harus berkembang menjadi spesies multiplanet untuk bertahan hidup.

Namun, setelah berpikir keras sendiri, Musk menyimpulkan bahwa itu mungkin memang dapat dilakukan mengingat jarak Bumi hanya delapan menit cahaya dari matahari sedangkan Mars sekitar 12 menit cahaya, meskipun masih akan menghadapi rintangan.

"Mungkin Anda bisa menggunakan Bitcoin sejauh ini, tetapi sulit untuk menggunakannya banyak di Mars," katanya. Ia menambahkan kemungkinan kebutuhan untuk jaringan lokal di planet tersebut.

"Mars bisa jadi sekitar dua puluh menit cahaya. Jadi, tidak mudah, harus ada sesuatu yang lokal di Mars," ucapnya. Setelah ini, Musk setuju dengan pengembang inti Bitcoin, Matt Corallo, bahwa kecepatan transaksi lambat Bitcoin bisa diatasi melalui jaringan Lightning lokal.

Bitcoin saat ini memerlukan waktu hingga satu jam untuk mengamankan transaksi karena blockchain-nya mengumpulkan transaksi ke dalam blok 10 menit, memerlukan konfirmasi enam blok sebelum transaksi dapat diselesaikan.

Namun, CEO Blockstream, Adam Back, lebih optimistis tentang ide tersebut, dengan atau tanpa jaringan Lightning lokal dalam bentuk saat ini. Dia menjawab di thread Space X, menyatakan, "12-22 menit cahaya bukan masalah dengan blok 10 menit."

Pada April 2023, data dari Glassnode menunjukkan bahwa Jaringan Lightning Bitcoin jauh lebih murah digunakan daripada pembayaran warisan lainnya.

Menurut Glassnode, biaya pengiriman nilai melalui Lightning Network adalah 0,0029%, yang kira-kira 1.000 kali lebih murah daripada prosesor pembayaran Mastercard atau Visa.

Sementara itu, ada spekulasi apakah Musk akan mengimplementasikan opsi penggunaan cryptocurrency di X, karena dia berencana untuk mengubahnya menjadi "aplikasi segala sesuatu."

Menurut laporan pada Januari 2023, dua orang yang akrab dengan rencana X mengatakan bahwa fitur pembayaran dapat menampung cryptocurrency jika kesempatan muncul.

Pada 5 Agustus 2023, Musk membalas pengguna di X, menyatakan bahwa dia "tidak akan pernah" meluncurkan token kripto di platform tersebut.