Penjualan iPhone di China Turun 30% dalam Seminggu Pertama 2024, Huawei Lebih Moncer
Penjualan iPhone menurun di China pada awal 2024. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Penjualan iPhone dari Apple di China mengalami penurunan sebesar 30% dalam minggu pertama tahun 2024. Hal ini diungkapkan analis Jefferies dalam sebuah catatan. Laporan ini menambah pertanda tekanan persaingan yang meningkat dari pesaing domestik seperti Huawei terhadap raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut.

Penurunan penjualan Apple menjadi katalisator utama untuk penurunan jumlah pengiriman smartphone secara keseluruhan di China dalam minggu pertama, menurut catatan pialang yang dipublikasikan pada Minggu, 7 Januari. Merek Android lainnya dan Huawei berhasil mencapai pertumbuhan yang relatif stabil tahun demi tahun selama periode ini, demikian catatan tersebut menyebutkan.

Penurunan ini terjadi meskipun ada diskon agresif untuk beberapa model iPhone melalui platform perdagangan online besar di China, menurut catatan penelitian tersebut. Sebagai contoh, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max mengalami potongan harga sebesar 16% di platform e-commerce Pinduoduo pada minggu pertama tahun 2024.

Menurut Jefferies, penurunan sebesar 30% ini merupakan percepatan dari penurunan tahun demi tahun sebesar 3% yang dialami oleh perusahaan Amerika Serikat tersebut sepanjang tahun 2023 di pasar terbesar ketiganya. Mereka menambahkan bahwa pialang tersebut mendapatkan informasi ini dari pelacakan pasar mereka sendiri. Secara khusus, penurunan sebesar 3% pada tahun 2023 setara dengan penurunan pangsa pasar Apple sebesar 0,4%.

Analis Jefferies mengatakan penurunan Apple ini sebagian besar disebabkan oleh tekanan persaingan dari pesaing China, terutama Huawei, yang meluncurkan seri ponsel Mate 60 pada Agustus tahun lalu. Apple dan Huawei belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar.

Serangkaian ponsel Mate 60 secara luas dianggap sebagai tanda kembalinya Huawei ke pasar ponsel pintar kelas atas setelah beberapa tahun sanksi AS yang sebelumnya menghambat kemajuannya.

Untuk kuartal terakhir tahun 2023, pangsa pasar Huawei di pasar smartphone China meningkat sekitar 6%, menurut catatan tersebut.

Menurut analis Jefferies, Apple kemungkinan akan menghadapi tekanan persaingan yang lebih besar dari pesaing domestik sepanjang tahun 2024. Perkiraan mereka memprediksi volume pengiriman Apple akan terus mengalami penurunan dua digit pada tahun 2024, sementara Huawei diperkirakan akan terus mendapatkan pangsa pasar.

Secara khusus, mereka memperkirakan bahwa Huawei akan mengirim sekitar 64 juta smartphone di seluruh dunia pada tahun 2024. Jumlah ini meningkat secara signifikan dari perkiraan kurang dari 35 juta yang dikirim pada tahun 2023.

Setelah beberapa tahun mengalami penurunan, pasar smartphone China diprediksi akan mengalami rebound seperti yang diperkirakan oleh beberapa analis, di mana firma riset IDC memperkirakan pertumbuhan penjualan tahun demi tahun yang tidak disebutkan pada kuartal keempat setelah sepuluh kuartal berturut-turut mengalami penurunan pengiriman.