Transaksi Harbolnas 2023 Lampaui Rp25 Triliun, idEA: Digitalisasi Adalah Keniscayaan
Acara pemaparan hasil Harbolnas 2023 di Jakarta (Dinda Buana - VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) telah sukses diselenggarakan pada 11, 12, dan 13 Desember. Selama gelaran tersebut, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bersama dengan NIQ Indonesia mencatat transaksi mencapai Rp25,7 triliun.

Executive Director idEA, Arshi Adhini, dalam pemaparan hasil transaksi Harbolnas 2023 mengatakan ketakjubannya pada potensi yang dimiliki pasar digital Indonesia.

“Sebelumnya banyak yang beranggapan dengan dihapusnya PPKM akan berdampak pada penurunan aktivitas belanja online di marketplace. Faktanya, optimisme kami, para pelaku industri, terbukti. Transaksi produk lokal mencapai Rp12,3 triliun selama gelaran Harbolnas 2023 ini,” ujar Arshi pada Kamis, 21 Desember di Jakarta.

Arshi juga menegaskan bahwa digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan. Jadi, dia mengimbau agar para pelaku usaha lokal, baik UMKM, industri, maupun artisan terus meningkatkan keahlian digitalnya.

Di sisi lain, catatan peningkatan transaksi yang signifikan ini ternyata juga dirasakan Lazada Indonesia yang tahun ini menjadi Mitra Resmi Belanja Online dalam Harbolnas 2023.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Intan Ayu Kartika menegaskan optimismenya bahwa Harbolnas bisa menjadi ajang bagi para penjual lokal untuk meningkatkan penjualan dan menggerakkan perekonomian digital Indonesia.

"Kami juga mencatatkan peningkatan rata-rata transaksi yang cukup signifikan dari sebagian penjual dan brand lokal yang berpartisipasi dalam Harbolnas 2023 di platform Lazada,” ujar Intan.

Menurut Intan, salah satu pendorong meningkatnya penjualan merek lokal adalah kesadaran masyarakat atas semakin mumpuninya kualitas produk lokal saat ini.

Sejalan dengan perubahan teknologi yang tak pernah berhenti, Intan menegaskan komitmen Lazada untuk terus mendukung setiap upaya digitalisasi, untuk memperkuat ekonomi digital Indonesia.

“Kami akan terus mendukung pertumbuhan produk lokal Indonesia melalui berbagai program dan fitur di platform Lazada yang bisa memberikan akses, promosi dan eksposur kepada jutaan pelanggan yang ada di Lazada," pungkasnya usai pemaparan soal Harbolnas 2023.