Bagikan:

JAKARTA – Dari tahun ke tahun, Badan Antariksa Kanada (CSA) terus mendukung pembangunan jangka panjang untuk menyambut manusia di Bulan, baik dari segi teknologi maupun studi ilmiah.

Tahun ini, CSA masih menunjukkan dukungannya dengan memberikan dana Inisiatif Eksplorasi Permukaan Bulan (LSEI) lewat tender terbatas. Dana ini diharapkan bisa membantu perusahaan dalam mengembangkan studi konsep untuk proyek di Bulan.

Dari sejumlah perusahaan yang telah mengajukan penawaran, CSA telah memilih enam proyek dari empat perusahaan. Seluruh proyek yang mereka pilih adalah proyek yang sedang memasuki tahap prototipe atau rancangan awal.

Empat perusahaan yang terpilih adalah Canadensys, Canadian Space Mining Corporation (CSMC), Honeywell, dan MDA. Keempatnya akan menerima total dana 2,9 juta dolar AS atau sekitar Rp44,9 miliar untuk membangun lima bidang dasar dari eksplorasi bulan.

Canadensys menerima dana sebesar 449 ribu dolar AS (Rp6,9 miliar) untuk pembangunan prototipe bagi pertumbuhan tanaman serta rakitan desinfeksi air dan 500 ribu dolar AS (Rp7,7 miliar) untuk membangun prototipe kendaraan penjelajah untuk operasi terrestrial.

Perusahaan berikutnya yang menerima dana adalah CSMC. Perusahaan ini mendapatkan dana sebesar 499 dolar AS (Rp7,7 miliar) untuk membangun prototipe teknologi HYDRO+ yang memanfaatkan metode pengurangan gas terintegrasi.

Selanjutnya, perusahaan Honeywell mendapatkan dana 500 ribu dolar AS (Rp7,7 miliar) untuk mengembangkan prototipe bagian depan terminal dengan pelacakan berdaya rendah. Proyek ini dibangun untuk memperkuat komunikasi optik jarak jauh.

Terakhir, CSA memberikan dana ke MDA sebesar 449 dolar AS (Rp7,6 miliar) untuk membangun serta menilai algoritma berkendara. Mereka juga mendapatkan dana sebesar 500 dolar AS (Rp7,7 miliar) untuk mengembangkan algoritma dan alat manajemen dari pembangkit listrik otonom.