FIFA Akan Meluncurkan Koleksi NFT Menjelang Piala Dunia Klub 2023
FIFA akan meluncurkan koleksi token nonfungible (NFT) sendiri (FOTO: x @FIFAPlusCollect)

Bagikan:

JAKARTA - Fédération Internationale de Football Association (FIFA), badan yang mengatur kompetisi sepak bola internasional, akan meluncurkan koleksi token nonfungible (NFT) sendiri menjelang Piala Dunia Klub 2023 di Arab Saudi bekerja sama dengan perusahaan blockchain Modex.

Menurut pengumuman pada 11 Desember, koleksi NFT perdana sebanyak 100 item akan tayang perdana pada 15 Desember dan menawarkan kesempatan untuk mendapatkan tiket final Piala Dunia FIFA 2026. Selain itu, 900 kolektibel digital lainnya akan diterbitkan di jaringan Polygon dan OpenSea bulan ini, termasuk momen-momen berkesan dari turnamen dan versi digital dari memorabilia.

"Piala Dunia Klub FIFA yang akan dimulai di Jeddah, Arab Saudi pada 12 Desember, mengumpulkan tujuh tim sepak bola terbaik dunia. Juara keenam konfederasi FIFA semua berpartisipasi," tulis FIFA. NFT akan tersedia di platform FIFA bernama FIFA+ Collect. Platform NFT ini diluncurkan pada September 2022 dan didukung oleh Algorand.

"Kolektibel digital meningkatkan cara penggemar berinteraksi dengan pemain, tim, dan permainan sepak bola favorit mereka, dan kami bangga mendukung FIFA dalam mencapai tujuan ini," komentar Francesco Abbate, CEO Modex.

Sejak awal, platform FIFA+ Collect telah memfasilitasi 11 penurunan NFT, dengan 909.255 kolektibel digital yang dihasilkan dan 16.448 pemegang. Platform ini telah melihat volume perdagangan sebesar 2,4 juta dolar AS (Rp37,5 miliar) di pasar NFT primer dan sekunder.

Namun, "Mint Volume bisa menyesatkan karena FIFA+ Collect Info tidak dapat membedakan paket yang diperoleh secara gratis dalam tantangan dari paket yang dibeli dengan USDC," klaim FIFA+ Collect Info.