Bagikan:

JAKARTA - Pendiri Twitter (sekarang X) dan pendukung Bitcoin, Jack Dorsey, mendukung kolam pertambangan BTC baru untuk membantu para penambang mendapatkan kembali kontrol atas hadiah blok dan biaya transaksi.

Dorsey memimpin putaran pendanaan awal senilai 6,2 juta dolar AS (Rp95,7 miliar) untuk Mummolin, perusahaan induk dari kolam pertambangan Bitcoin terdesentralisasi baru yang disebut Ocean, seperti pengumuman pada 29 November.

Dana awal ini akan mendukung peluncuran Ocean, yang dirancang untuk mendesentralisasi dan membentuk kembali proses pertambangan Bitcoin. Kolam pertambangan ini secara khusus bertujuan untuk memberikan lebih banyak transparansi pada proses pertambangan dan memungkinkan para penambang menerima hadiah blok langsung dari Bitcoin daripada dari kolam pertambangan BTC.

Ian Northon, co-founder dan chief legal officer di Mummolin, mengatakan bahwa uang yang terkumpul akan digunakan untuk tujuan korporat umum. "Tabel cap kami bersifat pribadi, tetapi kami bangga memiliki beberapa OG Bitconers dan pemimpin pemikiran Bitcoin lainnya yang mendukung proyek ini," kata Northon, dikutip VOI dari Cointelegraph.

"Sistem pembayaran kami, TIDES, merupakan singkatan dari Transparent Index of Distinct Extended Shares, yang menurut kami merupakan peningkatan dan perbaikan pada PPLNS dan jauh lebih baik dari FPPS, terutama dalam hal pendapatan biaya transaksi penambang," ujarnya.

Luke Dashjr, co-founder Mummolin dan pengembang Bitcoin Core veteran, percaya bahwa peran kolam pertambangan harus berubah agar Bitcoin bisa eksis sebagai mata uang yang benar-benar terdesentralisasi.

"Ocean adalah jenis kolam baru yang memungkinkan para penambang menjadi penambang sejati lagi. Kami meluncurkan sebagai kolam yang paling transparan dan juga satu-satunya kolam non-kustodial di mana para penambang adalah penerima hadiah blok baru langsung dari Bitcoin," ungkap Dashjr.

Sebagai pendukung Ocean, Dorsey, yakin bahwa platform ini akan menyelesaikan masalah sentralisasi lebih lanjut dari kolam dan kolam pertambangan yang dapat mengganggu Bitcoin. 

"Ketika saya melihat proyek yang baik untuk Bitcoin secara luas, dan juga baik untuk saya dan perusahaan-perusahaan saya secara pribadi, itu menjadi keputusan sederhana bagi saya dan saya senang menjadi bagian darinya," kata Dorsey.

Peluncuran Ocean diumumkan di Konferensi Masa Depan Pertambangan Bitcoin di bayangan bendungan hidroelektrik Barefoot yang berusia 150 tahun di pedesaan Carolina Selatan. Barefoot Mining, klien pertama Ocean, sepenuhnya memanfaatkan kembali bendungan tersebut, mengonversi energi berlebih menjadi pertambangan Bitcoin dalam skala besar.

Peluncuran Ocean dilakukan 139 hari sebelum acara halving Bitcoin yang keempat, yang dijadwalkan pada 17 April 2024. Setelah halving, hadiah pertambangan saat ini sebesar 6,25 BTC per blok akan turun menjadi 3,125 BTC, mengurangi insentif bagi para penambang Bitcoin