Jack Dorsey dan Pengembang Inti Bitcoin Bahas Masalah Penambangan BTC
Pendiri Twitter, Jack Dorsey fokus pada pengembangan perusahaan kripto, Block. (Foto; Dok. CryptoGazette)

Bagikan:

JAKARTA – Jack Dorsey, pendiri Twitter dan Block, perusahaan layanan keuangan berbasis kripto, dan Luke Dashjr, salah satu pengembang inti Bitcoin, baru-baru ini membahas perkembangan dan prospek Bitcoin dalam sebuah wawancara eksklusif.

Dashjr mengatakan bahwa Bitcoin telah bertransformasi dari sekadar "proyek mainan" menjadi usaha serius dalam beberapa tahun terakhir. Ia menilai bahwa Bitcoin telah menunjukkan ketangguhan dan keindahan dalam mekanisme kinerjanya.

Dorsey pun mengapresiasi kemampuan komunitas Bitcoin dalam mengidentifikasi dan memperbaiki ancaman baru yang menyerang BTC. Dorsey meyakini Bitcoin punya dampak besar bagi umat manusia. Menurutnya, Bitcoin adalah "salah satu hal paling penting yang pernah diciptakan oleh manusia."

Bersamaan dengan itu, Dorsey dan Dashjr juga mengakui adanya situasi sulit yang dihadapi oleh Bitcoin, terutama soal penambangan atau mining. Dashjr menggambarkan situasi penambangan Bitcoin saat ini sebagai hal yang "cukup mengerikan," karena sebagian besar keputusan terkait blockchain bitcoin dipegang oleh sekitar 11 entitas yang menguasai kolam penambangan (mining pool).

Kolam penambangan adalah kelompok penambang yang bergabung untuk meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan hadiah blok. Dashjr dan Dorsey sepakat bahwa ini merupakan hal yang patut dikhawatirkan. Dorsey menambahkan bahwa insentif dalam sistem cenderung mendukung sentralisasi, sehingga sangat sulit mengurangi kekuasaan entitas tersebut.

Solusi Ocean Mining buat Lawan Sentralisasi

Untuk mengatasi masalah sentralisasi penambangan, Dorsey dan Dashjr menawarkan solusi yang disebut Ocean Mining. Ocean Mining adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk memperbarui proses penambangan, memungkinkan para penambang individu untuk membuat blok mereka sendiri tanpa bergantung pada kolam penambangan.

Dilansir Cryptopotato, langkah ini sejalan dengan tujuan jangka panjang untuk menggunakan stratum v2, sebuah protokol yang memungkinkan penambang untuk memilih transaksi yang akan dimasukkan ke dalam blok.

Lebih lanjut, Dashjr menjelaskan bahwa pendekatan Ocean Mining akan membuat proses penambangan lebih transparan dan tanpa biaya. Dengan begitu para penambang dapat berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan. Ia mengatakan bahwa Ocean Mining merupakan mekanisme panambangan bitcoin yang ideal.

Dorsey juga berbagi wawasan mengenai potensi penambangan Bitcoin di Afrika dan negara berkembang lainnya. Ia menyoroti inisiatif seperti Gridless, yang memanfaatkan sumber energi alam seperti angin dan matahari untuk menggerakkan operasi penambangan dan menyediakan listrik untuk desa-desa. Ia mengatakan bahwa Bitcoin dapat memberikan akses keuangan dan ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat di daerah-daerah tersebut.

Pembahasan soal mining BTC ini juga mengatasi kesalahpahaman seputar penambangan, menyoroti pentingnya menciptakan blok, dan membela penggunaan energi terbarukan untuk penambangan Bitcoin.