Bagikan:

 

JAKARTA – Dukungan kepada Israel dan Palestina terus disuarakan di berbagai platform media sosial, salah satunya TikTok. Dukungan ini hadir dari berbagai kalangan, baik tua maupun muda.

Dari seluruh konten dukungan yang bertebaran di TikTokBBC melaporkan bahwa konten pro-Palestina di platform tersebut lebih populer di kalangan generasi Z (Gen-Z) yang lahir sekitar tahun 1997 hingga 2021.

Selain populer di kalangan anak muda, jumlah tagar istandwithisrael hanya ditonton hingga 240 juta kali. Jumlah ini empat kali lipat lebih kecil dari jumlah tayangan di tagar istandwithpalestine yang mencapai 870 juta.

Menurut pengamatan BBC, besarnya dukungan ini juga didukung konten yang dibuat pihak Israel. Sebagai contoh, salah satu TikToker sekaligus Tentara Israel Daniel membuat konten menari bersama teman-temannya. Mereka semua menggunakan seragam tentara.

Di dalam konten ini, Daniel dan ketiga temannya terlihat menari sambil memegang senjata saat sedang bertugas. Video ini mendapatkan tayangan yang tinggi dan menjadi viral dengan 2,1 juta penayangan.

Konten Daniel ini mendapat kecaman dari beberapa pihak. Mereka banyak meninggalkan komentar buruk dan mencaci maki Daniel karena tariannya dianggap tidak menghormati warga sipil yang terbunuh di Gaza.

Meski Daniel mengatakan bahwa ia tidak terganggu dengan reaksi kebencian di unggahannya, konten seperti ini juga memengaruhi pandangan pengguna dalam menyuarakan dukungan ke Palestina di TikTok.