YOGYAKARTA – Direktur Kemitraan Kreator Meta Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana membagikan prediksi konten yang akan jadi tren Instagram 2023.
Dikatakan Revie, konten lokal akan tetap relevan di kalangan generasi Z yang jadi pengguna Instagram pada 2023.
"Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer," kata Revie, dikutip dari Antara, Rabu, 7 Desember 2022.
Tren Instagram 2023
Dalam laporan bertajuk Yang Dicintai Gen Z Indonesia di Instagram, yang dibuat berdasarkan data internal Instagram dan Populix, platform media sosial milik Meta itu memperkirakan ada tiga tren yang bersinar pada 2023, yakni kuliner dan wisata, lagu dan tarian lokal dan web 3.
Menurut data internal Instagram, Gen Z lebih banyak menggunakan dan membagikan konten lokal, berupa lagu dan tarian, dibandingkan konten asing untuk Reels.
Sementara itu, Populix juga mendapati 1 dari 2 Gen Z pernah menggunakan lagu Dunia Tipi-Tipu dari Yura Yunita dan sepertiga dari mereka menyukai lagu Ojo Dibandingke yang dilantunkan oleh pedangdut cilik Farel Prayoga.
Gen Z di Instagram juga menyukai lagu Full Senyum Sayang dari Evan Loss, Hati-Hati di Jalan oleh Tulus dan I Love Mama Mantu dari Bulan Sutena.
BACA JUGA:
Selain itu, tarian Mendung Tanpo Udan juga sukses menarik perhatian pengguna Instagram di Indonesia.
Instagram juga memprediksi konten tentang kuliner dan wisata masih akan berjaya di tahun depan. Mayoritas tanda pagar (tagas) terpopuler pada 2022 berkaitan dengan makanan dan wisata, seperti #Bali, #PesonaIndonesia dan #Kuliner.
Sedangkan menurut survei Populix, 40 persen Gen Z aktif menggunakan ketiga tagar itu.
Gen Z di Indonesia juga menunjukkan ketertarikan terhadap teknologi web 3 seperti NFT, avatar, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).
Populix melaporkan, 65 persen Gen Z ingin melihat lebih banyak vitur VR di Instagram. Tak hanya itu, Gen Z juga menaruh minat terhadap fitur AR buatan kreator Indonesia yakni ID Flag dan Kasat Mata.
Menurut catatan Instagram, tahun ini, Gen Z menyukai konten video yang ada di Reels dan Instagram Story. Kedua fitur itu menjadi tempat kesukaan mereka untuk melihat konten yang menghibur.
Dalam berinteraksi, Gen Z lebih senang menggunakan fitur komentar dan pesan langsung (Direct Message). Gen Z juga kerap memanfaatka fitur Sticker Add Yours di Reels dan Story.
Dari segi topik, Gen Z Indonesia di Instagram tidak melulu tertarik dengan tema hiburan. Mereka juga menaruh minat dengan aksi sosial, seperti lingkungan yang berkelanjutan, otentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas, dan kesehatan mental.
Instagram juga menemukan pengguna dari kalangan Gen Z menyukai avatar, seperti Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky.
Sekedar informasi, laporan bertajuk Dicintai Gen Z Indonesia di Instagram dibuat untuk mempelajari lebih dalam soal tren Instagram yang menjadi favorit Gen Z.
Laporan ini disusun menggunakan metode survei online mandiri dengan kuesioner yang terstruktur, serta pengambilan sampel acak bertahap yang dilakukan sejak 11 hingga 22 November 2022. Total, ada 2.000 Gen Z dengan usia 18-25 tahun yang jadi responden dalam survei ini.
Demikian informasi seputar tren Instagram 2023. Semoga bermafaat!