Bagikan:

 JAKARTA – Upaya moderasi konten di tengah konflik Israel dan Hamas dianggap merugikan Palestina. Pasalnya, beberapa konten dukungan ke Palestina seperti dihilangkan dengan sengaja.

Jika konten yang disembunyikan mengandung kata teroris, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, sejumlah pengguna melaporkan bahwa konten mereka dihilangkan hanya karena menggunakan bendera Palestina.

Salah satu platform yang dianggap sengaja menghalangi konten pro Palestina adalah Instagram. Dari laporan Business Insider, pengguna Instagram mengeluh bahwa komentar mereka yang menggunakan bendera Palestina langsung disembunyikan.

Ketika dimintai keterangan, Juru Bicara Meta mengatakan bahwa tidak ada kebijakan khusus mengenai emoji bendera ini. Namun, konten yang mengandung kata menyinggung pasti akan dianggap sebagai pelanggaran.

Meski dukungan mereka terasa seperti dihalangi, para pendukung Palestina memiliki cara baru dalam menyuarakan dukungannya. Hampir seluruh pengguna platform besar seperti Instagram, X, dan TikTok mengganti emoji bendera Palestina dengan semangka.

Emoji semangka ini menjadi representasi dari Palestina dan Gaza. Semangka juga menjadi pengganti yang sangat cocok untuk bendera Palestina karena komponen warnanya yang mirip, yaitu merah, hijau, dan hitam.

Selain menggunakan emoji semangka sebagai bentuk perlawanan kepada moderasi platform yang tidak adil, Techcrunch melaporkan bahwa sejumlah pembuat konten mulai menggunakan emoji ini untuk menggalang bantuan sosial di Gaza.

Salah satu contohnya adalah filter TikTok yang dikembangkan oleh Jourdan Louise Johnson. Filter for Good I yang menampilkan gambar semangka ini dibuat dengan program Effect Creator Rewards TikTok.

Melalui program tersebut, filter yang dibuat Johnson bisa mendapatkan uang jika banyak pengguna yang memakainya. Hasil dari penggunaan filter akan disumbangkan ke badan amal yang memberikan bantuan di Gaza.

Tren penggunaan emoji semangka ini terus berkembang di seluruh platform. Walaupun pengguna bendera Palestina masih ditemukan di beberapa unggahan, emoji semangka tetap menjadi alternatif untuk konten pro Palestina.