CoinGecko Akusisi Perusahaan Penyedia Informasi Data NFT, Zash
CoinGecko, agregator kripto terkemuka sukses kuasai Zash. (Foto; Dok. CoinPedia)

Bagikan:

JAKARTA – CoinGecko, perusahaan agregator data harga kripto terkemuka resmi  mengakuisisi Zash, perusahaan analis data NFT (Non-Fungible Token). Zash menyediakan data NFT di berbagai platform secara on-chain.

Langkah Coingecko mengakuisisi Zash dinilai sejalan dengan visi agregator kripto tersebut. Pasalnya, CoinGecko dikenal sebagai penyedia informasi data aset kripto yang komprehensif kepada pengguna di berbagai negara.

"Akuisisi ini sejalan dengan komitmen dan dedikasi kami untuk memberikan nilai yang luar biasa kepada komunitas kripto, dimulai dengan penawaran data pasar token dan NFT terpadu," kata TM Lee, CEO, dan salah satu pendiri CoinGecko, 22 November 2023.

Setelah sukses mengakuisisi Zash, CoinGecko kabarnya akan mulai menambahkan dukungan Zash mulai tahun 2024. CoinGecko berencana mengintegrasikan data NFT Zash ke dalam Application Programming Interface (API) pada kuartal kedua tahun depan.

Langkah ini bertujuan untuk memberikan akses kepada penggunanya supaya dapat mengetahui informasi yang berkaitan dengan NFT secara langsung di CoinGecko. Nantinya, pengguna CoinGecko bakal bisa mengetahui data harga terkini NFT.

Tidak berhenti sampai di situ, agregator data kripto ini juga akan menawarkan layanan data penting terkait NFT yaitu data NFT tingkat perusahaan, data NFT terindeks, metadata NFT, dan histori perdagangan NFT di berbagai jaringan terkemuka seperti Ethereum, Polygon, Binance Smart Chain, Solana, dan Bitcoin Ordinals. Perusahaan juga akan menyediakan penawaran pengindeksan data peminjaman NFT, Blend, dan X2Y2.

Sebagai informasi tambahan, Zash didirikan oleh Parit Patel dan Efe Surekli pada tahun 2021. Zash merupakan perusahaan yang berbasis di London telah menjadi perusahaan analitik data NFT on-chain yang mengumpulkan informasi lebih dari 1 juta koleksi NFT yang beragam dan berbagai pasar seni digital.

"Kami merayakan apa yang telah dibangun Zash dan dengan hangat menyambut tim di CoinGecko. Ke depannya, kami berkomitmen untuk transisi yang lancar dan akan terus meningkatkan pengalaman API data kripto Anda bersama kami," tulis CoinGecko.

Bersamaan dengan itu, pendiri Zash, Parit Patel menilai pasar NFT akan terus berkembang karena saat ini NFT masih dalam tahap awal. Dia juga memaparkan bahwa NFT akan kegunaan baru seiring berkembangnya pasar. Hal senada disampaikan Chief Operating Officer (COO) Coingecko, Bobby Ong. Menurut Ong, NFT akan terus berinovasi tidak hanya di bidang GameFi dan PFP tapi juga di luar itu. Karenanya, koleksi NFT akan kembali menarik minat investor dan kolektor seni digital.