Tether Ketahuan Setor Dana Rp15,5 Triliun ke Britannia Financial Group
Tether, penerbit stablecoin USDT simpan dana miliaran dolar di Britannia Financial Group. (Foto; Dok. Bitcoin.es)

Bagikan:

JAKARTA - Di era digital saat ini, aset kripto telah menjadi bagian integral dari ekonomi global. Salah satu pemain utama dalam industri ini, Tether, penerbit stablecoin USDT, baru-baru ini menjadi sorotan karena penyetoran sejumlah besar dana ke Britannia Financial Group. Transaksi ini telah memicu perselisihan hukum.

Pada November 2021, Tether menyetor sekitar 1 miliar dolar AS atau setara Rp15,5 triliun ke anak perusahaan Britannia Financial Group di Inggris, sebagaimana diungkap oleh Financial Times. Terungkapnya penyertoran ini muncul di tengah perselisihan hukum antara Britannia Financial Group dan Arbitrase Internasional.

Arbitrase mengajukan gugatan terhadap Britannia di London awal tahun ini, menuduh bank tersebut gagal memenuhi kewajiban pembayaran untuk pialang yang berbasis di Bahama yang diakuisisi pada Juni 2021. Setelah akuisisi, kedua belah pihak sepakat untuk biaya tambahan berdasarkan aset yang menghasilkan pendapatan selama satu tahun, termasuk klien yang diperkenalkan oleh Arbitral atau entitas lain.

Arbitrase menuduh Britannia tidak membayar terkait deposit Tether senilai  1 miliar dolar AS, yang terjadi dalam waktu satu tahun setelah Britannia membeli broker tersebut. Namun, Britannia membantah klaim tersebut, dengan mengatakan bahwa deposit tersebut dilakukan ke anak perusahaannya yang berbasis di London, yang berbeda dengan broker yang diakuisisi dari Arbitral.

Ada perbedaan pendapat antara perusahaan mengenai asal usul deposit Tether. Britannia mengklaim hubungan dengan Tether melalui Aldo Mazella, seorang pengantar profesional, sementara Arbitral berpendapat bahwa seorang eksekutif dari mantan pialangnya berperan dalam proses tersebut.

Tether, yang belum menanggapi permintaan komentar dari CryptoSlate, adalah aset digital yang dipatok ke dolar AS dan merupakan stablecoin terbesar di dunia. USDT memiliki pasokan yang beredar lebih dari 88 miliar dan menguasai sekitar 70% pasar, menurut data CryptoSlate.

Karena perannya yang signifikan dalam industri mata uang kripto, praktik manajemen keuangan Tether telah menghadapi pertanyaan, menuntut perusahaan untuk meningkatkan transparansi mengenai cadangan yang mendukung stablecoin USDT. Meski demikian, Tether telah menyatakan kepada publik bahwa mereka tetap didukung sepenuhnya, dengan CEO baru mereka, Paolo Ardoino, berjanji untuk mempublikasikan pengesahan cadangannya secara real-time di masa mendatang.