Deel Dorong Ekspansi Bisnis Perusahaan di Indonesia ke Market Global
Deel dukung ekspansi perusahaan di Indonesia ke market global (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

 

JAKARTA – Deel, perusahaan pengembang platform Human Resource (HR), terus mengupayakan platform dengan sistem manajemen yang mumpuni untuk memajukan perusahaan di Indonesia.

Sejauh ini, Deel masih optimistis dengan dua misinya, yaitu menghadirkan job opportunity bagi masyarakat Indonesia ke perusahaan luar dan mendorong ekspansi bisnis-bisnis di Indonesia ke market global.

Namun, fokus Deel saat ini sedang berada di misi kedua. ASEAN Acount Executive Deel Grace Bunardi mengatakan kepada VOI bahwa mereka ingin membantu perusahaan dalam memasuki market global dengan lebih mudah.

“Masuk ke market baru itu selalu sulit, apalagi dari sisi orang-orangnya, dari sisi peraturan untuk mempekerjakan orang, dan juga misalnya bagaimana untuk make sure apa yang dibayarkan orang-orang itu sesuai dengan hukum di negara masing-masing,” ujar Grace.

Saat ini, Deel sudah hadir di lebih dari 150 negara untuk menghubungkan perusahaan dengan talent dari berbagai negara. Grace mengatakan bahwa Deel telah bekerja sama dengan lebih dari 60 pengacara di berbagai negara.

Bahkan, seluruh pengacara ini merupakan ahli di bidang hukum karyawan sehingga Deel bisa menghubungkan seluruh perusahaan, bahkan di Indonesia, dengan pekerja di negara lain tanpa terhalangi masalah hukum.

“Jadi di tiap negara yang berbeda, tergantung dengan fungsinya kita bekerja sama dengan lembaga-lembaga hukum lainnya untuk make sure bahwa kita itu selalu dapat update kalau misalnya ada penggantian hukum,” jelas Grace.

Grace juga mengatakan bahwa Deel telah merilis fitur compliance monitor untuk membantu perusahaan dalam memantau hukum di negara lain, bahkan dalam segi perpajakan. Fitur ini akan menunjukkan waktu efektif dari kebijakan baru tersebut dan pegawai yang akan terkena dampaknya.

Sementara itu, Business Development Global Payroll APAC Deel Andrew Knell mengumumkan rencana perilisan Kecerdasan Buatan (AI) di platform Deel. Andrew mengatakan bahwa dukungan AI ini sudah dibuat dan rencananya akan dirilis tahun depan.

“Kami memiliki pengembang kami sendiri dan kami dapat menangani sesuatu dengan kecepatan. Kecepatan Deel berarti kita dapat memasuki pasar dengan sangat cepat. Jadi, produk ini, pada bulan Oktober, November, Desember, kami akan mendapatkan 50 fitur baru di produk kami, dan kemudian kami memperluas ke 25 negara lainnya pada kuartal berikutnya.”

Andrew tidak menjelaskan lebih rinci terkait peluncuran AI ini. Namun, baik Andrew maupun Grace mengatakan bahwa platform mereka menambahkan fitur berdasarkan permintaan pelanggan.

Artinya, seluruh fitur yang mereka kembangkan berdasarkan permintaan dari perusahaan. Jika feedback dari perusahaan tidak begitu bagus, Deel mungkin tidak akan meluncurkan fitur yang telah mereka kembangkan.