Kominfo Perkuat Kerja Sama dengan Cina dalam Penerapan Teknologi AI
Menkominfo Budi Arie Setiadi (foto: dok. Huma Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, kembali memperkuat kerja samanya dengan Cina dalam sektor riset, pembangunan teknologi, dan peningkatan kecakapan sumber daya digital. 

Dalam Pertemuan Bilateral dengan Wakil Presiden Eksekutif dan Sekretaris Eksekutif Utama  Asosiasi Sains dan Teknologi (CAST) Tiongkok He Junke pada Rabu, 22 November, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa tujuan kerja sama ini adalah untuk menghadapi tantangan pemanfaatan teknologi. 

Sebagai salah satu mitra dagang terbesar di Indonesia pada tahun 2022, Menkominfo juga mendorong kerja sama dengan Cina dalam penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Tidak hanya itu, Budi  berharap kedua negara ini bisa berkolaborasi dalam bidang keuangan digital, kesehatan digital, pemerintahan digital, serta teknologi pengembangan smart city.

"Saya mendorong kolaborasi pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat untuk dapat mendukung Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas di Indonesia. Kami terbuka atas gagasan-gagasan maupun potensi kerja sama ke depan," ujar Budi dikutip dalam laman resmi Kominfo. 

Dalam acara itu hadir perwakilan dari Institut Komunikasi China, ZTE Indonesia, Masyarakat Telematika Indonesia, dan Telkom University.