Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam bebrerapa tahun kebelakang ini TikTok sudah berhasil menjadi aplikasi raksasa dengan banyak pengguna di dalamnya. Bahkan di Indonesia  TikTok  sudah merakyat dan bahkan tak sedikit pula yang menjadikan TikTok sebagai mata pencaharian. Namun ada yang harus diketahui bagi pengguna TikTok pemula dan juga senior, yaitu terkait pelanggaran yang membuat akun TikTok ditangguhkan.

Bicara soal akun yang di tangguhkan ini memang teramat menyebalkan. Bagi yang followernya dan viewernya sedikit mungkin tak masalah tinggal buat lagi. Namun bagi yang followernya sudah banyak dan video-videonya FYP tentunya ini masalah besar.

Sebagai pengguna TikTok tentunya kalian mesti tahu kira-kira apa saja pelanggaran yang membuat akun TikTok ditangguhkan.Untuk itu kali ini kita bakal membahas terkait itu semua, kira-kira apa saja? Simak ulasannya di sini.

Beberapa Pelanggaran yang Membuat Akun TikTok Ditangguhkan

Sama halnya dengan sosial media lainnya seperti Facebook, Instagram dan juga X, tentunya TikTok juga punya serangkaian aturan yang musti dipatuhi oleh penggunanya. Dan ini fatal banget apabila kalian selaku konten kreator tidak mengetahuinya.

Bila pengguna melanggar ketentuan tersebut, maka pihak TikTok tidak akan segan untuk memberi sanksi yang berbentuk akun ditangguhkan ataupun bahkan di blokir secara permanen. Tentunya kalian pasti tidak mau, bukan? Maksudnya kalian butuh mengenali beberapa alasan yang jadi penyebab akun TikTok ditangguhkan, berikut beberapa alasannya:

1. Tidak Cukup Umur

Kalian wajib tahu, kalau aplikasi TikTok sudah menetapkan batasan umur penggunanya, yakni minimal umur 18 tahun. Sehingga bila Kalian masih di bawah 18 tahun, maka secara otomatis sudah melanggar ketentuan umur. Dan harus ikhlas dengan akunnya.

Perihal ini sesungguhnya sudah kerap terjadi, loh. Pengguna yang mendaftar mengabaikan perihal tersebut serta senantiasa melanjutkannya. Tetapi lambat laun nantinya pihak TikTok bakal mengetahuinya serta langsung menangguhkan akun tersebut.

Jadi, bila kalian belum berusia 18 tahun, alternatifnya ya... menginput informasi usia yang sekiranya di atas 18 tahun di kala pertama mendaftar akun.

2. Melakukan Tindakan Spam

Paling sering terjadi yang harus kalian tahu selaku sebab penangguhan akun yaitu aksi spamming, semacam membeli ataupun menjual penayangan (view), spam like, komentar, share, follower, serta jenis spam yang lain.

Aksi spamming memanglah merupakan aksi yang termasuk ringan sebenarnya, sehingga TikTok cuma bakal menangguhkan akun kalian secara sementara.

Tetapi kalian pula wajib berjaga-jaga. Alasannya bila mengulanginya lagi dalam waktu dekat, ada kemungkinan akun kalian bakal diblokir secara permanen.

3. Pelecehan Dalam Konten

Bila kalian membuat suatu konten yang berisi pelecehan ataupun intimidasi buat pihak lain, Maka kalian bakal memperoleh teguran secara langsung pada akun serta video yang di upload.

Sebab pada dasarnya, video pelecehan bisa memicu dampak negatif dari para penonton yang sudah melihatnya. Sehingga pihak TikTok pula bakal menghapus video tersebut alias take down.

4. Provokasi Ataupun Kriminal

Di kala akun TikTok kalian di tangguhkan boleh jadi karena terdapat konten yang terindikasi berbau kriminal ataupun provokasi. Bila kalian membiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan bakal mengundang terbentuknya kejahatan di sosial media.

Perihal ini sudah tertulis dalam kebijakan panduan komunitas TikTok yang bakal melindungi seluruh pengguna dari aksi kriminal ataupun kekerasan. Sehingga dapat merasa lebih nyaman serta aman.

5. Posting Konten Terpaut Narkoba

Sebenarnya ini tak cuma di TikTok saja sih, sosial media yang lain pula tentunya  bakal menangguhkan akun yang memberikan konten yang berindikasi obat-obatan terlarang semacam narkoba. Tentu saja pihak platform tidak segan-segan buat memblokirnya.

Tetapi perihal tersebut tidak bakal berlaku buat konten yang berisi edukasi tentang bahayanya pemakaian narkoba, cuma jangan sampai mencantumkan informasi merk obat-obatan terlarang serta perlengkapan buat narkoba ya, hal itulah yang wajib dihindari.

6. Mencantumkan Tagar Sensitif

Dalam membuat tagar, kalian pula jangan asal-asalan. Alasannya tagar ataupun tanda pagar (#) dapat memicu terbentuknya keributan ataupun intimidasi di suatu pihak ataupun kalangan tertentu. Perihal ini pula dilarang oleh pihak TikTok. Tujuannya, tentu saja supaya tidak memicu sebuah keributan besar.

Maka pastikan kalian memakai tagar yang tidak menyinggung maupun menyakiti orang lain. Jangan pula pakai tagar yang berbau seks/pornografi sebab rawan penangguhan juga. Kalau ngeyel bagaimana? Ya tahu sendiri kan akibatnya?

5. Terjadi Indikasi Peretasan

Ketika ada yang berupaya masuk ke akunkalian serta sampai terjadi kesalahan secara berulang di kala memasukan password maka secara otomatis dapat membuat TikTok menangguhkan akunkalian.

Sama halnya di kala berupaya memasukan pin ATM. Bila salah beberapa kali, ATM tersebut bakal langsung terblokir. Nah, kalian mesti teliti ya, lakukan two factor authentification supaya akun kalian lebih terlindungi.

8. Melakukan Tindakan Penipuan

Ketika terdapat gejala terpaut penipuan ataupun pelanggaran. Laporan semacam ini umumnya bakal di tinjau, setelah itu di terima serta bakal di tindak secara lanjut oleh pengembang aplikasi TikTok.

Bila akun yang telah di laporkan terbukti sempat melangsungkan penipuan, maka akun tersebut bakal langsung ditangguhkan ataupun bisa jadi diblokir secara permanen oleh TikTok.

Jadi setelah mengetahui pelanggaran yang membuat akun TikTok ditangguhkan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!