Cara Mengatasi Koneksi S Pen Sering Terputus, BIar Kerjaan Desain Jadi Lancar
Ilustrasi mengatasi S Pen sering terputus (foto:dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Stylus S Pen merupakan perangkat khusus yang dihadirkan dalam ponsel Samsung Galaxy untuk memudahkan dan meningkatkan pengalaman penggunanya. Namun tidak sedikit pengguna ponsel ini yang mengeluhkan S Pen kehilangan koneksi atau lambat. Lantas bagaimana cara mengatasi koneksi S Pen sering terputus?

Adanya S Pen pada Samsung Galaxy dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti membuat desain, bikin sketsa, mencatat, dan lainnya. Sayangnya beberapa pengguna mengungkapkan bahwa S Pen sering lepas koneksi atau sulit terhubung ke ponsel. Jika Anda mengalami permasalahan ini, ada beberapa langkah mengatasi koneksi S Pen sering terputus. 

Cara Mengatasi Koneksi S Pen Sering Terputus

Koneksi S Pen yang kerap hilang atau terputus memang cukup mengganggu kenyamanan penggunanya. Apalagi jika Anda sedang ingin menggunakan S Pen untuk menggarap kerjaan atau melakukan sesuatu yang penting. 

Jika S Pen berulang kali terputus atau nggak tersambung ke ponsel, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Pastikan Ponsel Tidak Bersentuhan dengan Magent

Jenis magnetik tertentu berpotensi mengganggu fungsi S Pen secara negatif. Maka dari itu, casing telepon yang memiliki sifat magnetis atau penutup berbahan logam bisa mengganggu penggunaan S Pen. 

Jadi sebelum Anda menyambungkan S Pen, pastikan untuk melepaskan semua aksesori magnetik, seperti kotak berdaya magnetik atau penutup berbahan logam. Jika masih ada masalah koneksi S Pen setelah melepaskan aksesori magnetik, Anda mungkin perlu mengeluarkan S Pen dari slotnya dan memasukkannya kembali. 

Reset S Pen dan Sambungkan Kembali

Anda dapat mencoba mengatur ulang S Pen atau reset dan menghubungkannya kembali. Jika Anda telah mengkonfigurasi pengaturan S Pen sebelumnya, mereset S Pen akan mengembalikannya ke pengaturan standar. Setelah S Pen dimasukkan lagi hingga mengeluarkan suara "klik," inisialisasinya dapat diatur ulang dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.

Menggunakan S Pen yang Kompatibel dengan Perangkat

Pastikan menggunakan S Pen yang sesuai untuk perangkat Galaxy Anda. Samsung memiliki berbagai jenis S Pen tergantung pada jenis perangkat Galaxy yang Anda miliki. Contohnya, seri Galaxy Note atau seri Galaxy S menggunakan jenis S Pen yang berbeda dari seri Galaxy Fold. S Pen tidak dapat digantikan dan mungkin tidak berfungsi pada perangkat lain jika tidak sesuai.

Isi Daya S Pen Melalui Perangkat Galaxy Anda

Dengan S Pen generasi terbaru, Samsung menghadirkan fitur tambahan ke stylus seperti kontrol Bluetooth dan gerakan udara. Untuk dapat menggunakan fitur tambahan ini, Anda perlu mengisi daya S Pen. Cara mengisi daya S Pen dilakukan dengan memasukkan S Pen ke dalam perangkat Galaxy Anda, baik ponsel atau tablet.

Biarkan proses pengisian daya berjalan selama beberapa menit. Apabila Anda memiliki smartphone Samsung Galaxy, S Pen dapat dimasukkan ke dalam lubang di bagian bawah ponsel. Jika Anda menggunakan tablet, S Pen dapat diletakkan di permukaan belakang perangkat pengisi daya.

Pastikan Berada dalam Jangkauan Bluetooth saat Menggunakan S Pen

Seperti yang disebutkan sebelumnya, S Pen versi terbaru mendukung fungsi yang terhubung melalui Bluetooth ke perangkat Anda. Oleh karena itu, perangkat Anda harus berada dalam jangkauan Bluetooth untuk memanfaatkan fitur ini. Pastikan S Pen berada lebih dekat dengan ponsel atau tablet Anda, kemudian Anda dapat menggunakan tombol di S Pen atau fitur gerakan udara.

Demikianlah beberapa cara mengatasi koneksi S Pen sering terputus pada ponsel Samsung Galaxy. Anda bisa menerapkan sejumlah langkah di atas supaya koneksi S Pen berjalan lancar tanpa gangguan, sehingga mendukung aktivitas atau pekerjaan Anda memakai ponsel. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.