Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak pengguna Android yang melaporkan adanya masalah pada jaringan WiFi di perangkat mereka. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah sinyal WiFi tiba-tiba terputus atau mati sendiri. Sebenarnya, apa yang menyebabkan masalah ini? Bagaimana cara mengatasi WiFi mati sendiri di Android?

Penyebab WiFi Mati Sendiri di Android

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa penyebab sinyal WiFi tiba-tiba mati sendiri di smartphone berbasis Android:

1. Mode power saving aktif

 Mode power saving merupakan fitur yang dapat memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini bekerja dengan mengurangi konsumsi daya dari berbagai komponen ponsel, termasuk koneksi WiFi. Bila fitur mode power saving diaktifkan, perangkat mungkin saja memutuskan sambungan dari jaringan WiFi yang tidak digunakan.

2. Konflik pengaturan jaringan

Sinyal WiFi bisa tiba-tiba terputus bila ponsel Android tidak kompatibel dengan pengaturan jaringan yang disambungkan. Jika ditelisik lebih dalam, ada hal lain yang dapat menyebabkan masalah ini, mulai dari pengaturan IP yang salah, server DNS yang tidak sesuai, hingga protokol keamanan yang berbeda.

3. Random glitch

Random glitch mengacu pada suatu malfungsi atau gangguan yang bersifat sementara. Pada kasus WiFi mati sendiri di Android, gangguan ini dapat dikaitkan dengan interface WiFi di smartphone.

4. Masalah pada router

Salah satu masalah pada router yang sering ditemui adalah overloading. Bila terlalu banyak perangkat yang terhubung ke router dalam satu waktu sekaligus, ini bisa menjadi kelebihan beban dan menyebabkan sinyal WiFi terputus.

Cara Mengatasi WiFi Mati Sendiri di Android

Setelah mengetahui penyebab jaringan WiFi mati sendiri di ponsel Android, Anda mungkin menyadari bahwa ada masalah yang tidak bisa ditangani tanpa keahlian khusus.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara mengatasinya, baik pada perangkat maupun pada router.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi WiFi mati sendiri di Android.

1. Hapus jaringan yang tidak dipakai

Terlalu banyak jaringan WiFi yang tersimpan di smartphone Android termasuk salah satu penyebab sinyal WiFi sering mati sendiri. Untuk mengatasinya, Anda cukup menghapus jaringan yang tidak terpakai.

2. Lupakan dan tambahkan lagi jarigan

Mengapus dan menghubungkan kembali jaringan WiFi di Android merupakan perbaikan paling cepat yang dapat mengatasi sinyal WiFi tiba-tiba terputus atau mati sendiri.

3. Restart sistem Android

Berikutnya, Anda bisa memulai ulang (restart) ponsel untuk mengatasi WiFi yang mati sendiri.

Salah satu penyebab WiFi sering mati adalah adanya bug. Dengan memulai ulang perangkat, Anda bisa menghilangkan bug ringan di sistem WiFi.

4. Restart router WiFi

Gangguan pada router WiFi bisa menyebabkan lebih banyak masalah konektivitas. Jika perangkat Android Anda terus mengalami kesulitan dalam mempertahankan koneksi jaringan WiFi, memulai ulang router biasanya membantu memperbaiki masalah sinyal WiFi mati sendiri.

5. Setel ulang pengaturan jaringan

Cara terakhir adalah menyetel ulang jaringan pada ponsel Android. Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi sinyal WiFi yang tiba-tiba terputus.

Berikut panduan menyetel ulang pengaturan jaringan di ponsel Android:

  • Buka pengaturan pada ponsel atau “Settings”.
  • Pilih menu “System”.
  • Berikutnya, ketuk “Reset options”.
  • Pilih “Reset WiFi, mobile & Bluetooth”.
  • Terakhir, ketuk tombol “Reset settings” yang ada di bagian bawah layar.

Demikian informasi tentang cara mengatasi WiFi mati sendiri di Android. Dapatkan upadate berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.