Google Tambahkan Ringkasan AI Hingga Tanda Favorit ke Aplikasi Rekaman Pixel 8
Google perbarui aplikasi rekaman di ponsel Pixel 8 dan 8 Pro (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA - Google akan menambahkan beberapa pembaruan ke aplikasi Recorder atau Rekaman di ponsel yang mereka produksi. Kabarnya, pembaruan ini hanya ditambahkan ke seri Pixel 8.

Mengutip dari 9to5google, aplikasi Rekaman akan mendapatkan tiga perubahan. Beberapa pembaruan yang ditambahkan adalah Ringkasan Kecerdasan Buatan (AI), Rekaman Favorit, dan Saluran Audio.

Sejauh ini, Google telah memperbarui log aplikasi mereka untuk menambahkan tanda rekaman favorit dan menambahkan fitur baru berupa penangkapan sinyal audio melalui Saluran Audio.

Melalui tanda rekaman favorit, kita bisa menandai rekaman yang ingin kita dengarkan kembali. Fitur ini juga sangat berguna jika pengguna Pixel 8 dan 8 Pro sering menggunakan Rekaman.

Saat pengguna Rekaman telah menandai rekaman favorit mereka, aplikasi tersebut akan menampilkan toolbar di bagian atas dengan judul Favorit. Ketika toolbar diklik, kita bisa melihat sejumlah rekaman yang sudah ditandai.

Sementara itu, Saluran Audio telah diperbarui sejak pertengahan bulan lalu. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengatur kemampuan audio yang diterima oleh aplikasi melalui Pengaturan.

Pengguna bisa melihat pilihan Saluran Audio di deret tiga teratas. Saat menu itu diketuk, pengguna bisa memilih kemampuan Mono dan Stereo dengan menyesuaikan keadaan.

Jika pengguna sedang merekam audio di ruangan dengan satu speaker besar, kemampuan Mono bisa dipilih. Sebaliknya, jika audio yang diterima Rekaman berasal dari berbagai speaker, pengguna bisa memilih Stereo.

Pembaruan terakhir yang sebenarnya paling dinanti adalah Ringkasan AI. Fitur ini secara otomatis bisa mendeteksi bahasa yang diterima dan menyalinnya dalam bentuk transkrip.

Untuk mengaktifkan transkrip dan mendapatkan hasil ringkasan yang tepat, pengguna harus memastikan bahasa yang dipakai di Pengaturan telah sesuai dengan bahasa yang diterima audio. Sayangnya, fitur ini baru akan dirilis pada Desember mendatang.