Anniversary Whitepaper Bitcoin ke-15, Ini yang Harus Kamu Tahu!
Whitepaper Bitcoin sudah berusia 15 tahun. (Foto; Dok. Cointral)

Bagikan:

JAKARTA – Tidak terasa, whitepaper Bitcoin, dokumen tentang konsep dasar uang elektronik yang ditulis Satoshi Nakamoto, sudah berusia 15 tahun. Kemunculan Bitcoin sendiri tidak terlepas dari dari peran penting sang pencipta Bitcoin itu sendiri, Satoshi Nakamoto, yang keberadaannya hingga detik ini masih diselubungi misteri.

Tanggal 31 Oktober kemarin bertepatan dengan tanggal dirilisnya whitepaper Bitcoin, yaitu pada 31 Oktober 2008. Komunitas kripto merayakan 15 tahun publikasi whitepaper Bitcoin tersebut.

Informasi saja, whitepaper Bitcoin merupakan dokumen teknis yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto pada tanggal 31 Oktober 2008 dengan judul "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System."

Dokumen ini memperkenalkan konsep dasar dari mata uang kripto Bitcoin, termasuk desentralisasi, jaringan peer-to-peer, teknologi blockchain, kriptografi, dan solusi untuk masalah pengeluaran ganda dalam transaksi. Whitepaper tersebut menjadi landasan bagi pengembangan Bitcoin dan revolusi kripto yang terus berlanjut dalam dunia keuangan dan teknologi.

Sebagai informasi, pada 31 Oktober 2008 dunia internet dikagetkan oleh sebuah email misterius yang mencantumkan whitepaper Bitcoin. Email tersebut dikirimkan ke sejumlah kriptografer tertentu. Satoshi Nakamoto, membuka pintu baru sistem keuangan menuju era kripto dengan visinya tentang "Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer."

Dalam whitepaper tersebut, Satoshi Nakamoto mengungkapkan visinya terkait sistem keuangan masa depan yaitu uang elektronik yang sepenuhnya bersifat peer-to-peer. Sebagai informasi tambahan, peer-to-peer dalam konteks ini merujuk pada sistem transaksi keuangan yang dapat dilakukan secara langsung dari orang ke orang tanpa ada perantara pihak ketiga seperti bank.

Pizza Seharga 10.000 Bitcoin

Setelah whitepaper dikirimkan ke orang-orang tertentu, dua bulan kemudian, tepatnya pada 3 Januari 2009, Bitcoin muncul. Salah satu peristiwa penting sebagai percobaan transaksi pertama Bitcoin terjadi setahun kemudian, di mana seseorang bernama Laszlo Hanyecz membeli dua pizza dengan 10.000 Bitcoin. Peristiwa bersejarah ini menadai transaksi pertama dengan menggunakan Bitcoin.

Visi Satoshi Nakamoto, yang memulai revolusi kripto melalui whitepaper Bitcoin 15 tahun yang lalu, terus berkembang dan memengaruhi dunia keuangan. Dengan El Salvador dan Republik Afrika Tengah mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, ditambah lagi dengan sejumlah perusahaan menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. Ini sejalan dengan visi Satoshi Nakamoto mengenai uang elektronik.