Bagikan:

JAKARTA - Sebuah gambar yang menampilkan objek UFO raksasa di atas Chile pada tahun 2010 telah dijelaskan sebagai benar-benar tidak teridentifikasi oleh para pemburu alien.

Gambar tersebut menunjukkan objek berwarna oranye terang yang tersembunyi di balik awan dan diambil oleh sebuah keluarga yang sedang berpiknik di Pegunungan Andes pada tahun 2010.

National Aviation Reporting Center on Anomalous Phenomena (NARCAP) menyelidiki penampakan tersebut pada tahun yang sama. Namun ilmuwan kini membuka kembali kasus tersebut sebagai bagian dari sebuah dokumenatri baru yang mencoba membuktikan atau membantah fenomena aneh.

"Objek ini benar-benar tidak teridentifikasi, jadi ini adalah UFO asli," kata Seorang ahli fisika dari University at Albany. Gambar itu diambil saat siang pada hari Minggu, yang menunjukkan matahari bersinar melalui awan putih dan sebuah pita awan kemerahan di sebelah kiri, mengelilingi objek oranye yang 'padat' dengan 'detail permukaan menarik', menurut laporan NARCAP.

Kisah gambar ini bermula pada tanggal 14 Februari 2010, ketika seorang pasangan dan putri mereka yang berusia satu tahun menghabiskan hari di Waduk El Yeso.

Ibu tersebut mengambil 16 foto lembah dan langit yang menakjubkan, dan setelah pulang ke rumah, ia melihat awan kemerahan dengan objek di dalamnya.

Pemerintah Chile membagikan foto itu kepada NARCAP, sebuah lembaga penasihat profesional penerbangan yang menyelidiki UPAs dan keselamatan penerbangan.

Ted Roe, kepala organisasi tersebut, melakukan analisis panjang terhadap gambar tersebut dan menerbitkan laporan 23 halaman pada tanggal 2 Juli 2010. Kasus ini kemudian sepi setelah laporan itu diam-diam dirilis pada bulan Juli.

Penampakan ini ditampilkan dalam "The Proof is Out There" di History Channel, di mana para ahli menentukan bahwa tidak ada efek kamera yang terkait dengan 'bintik' dan menyimpulkan bahwa objek tersebut adalah 'UFO asli'.

Rapport ini menyatakan bahwa sebagian dari UAP tampak terhalang oleh awan cirrus atau cirrocumulus, sehingga sulit untuk menilai ukuran sebenarnya dari UAP tersebut. Namun, NARCAP percaya bahwa objek tersebut bisa memiliki panjang lebih dari 200 kaki.

Sekarang, 13 tahun kemudian, kasus misterius di Pegunungan Andes dibuka kembali untuk diteliti lebih lanjut.

"The Proof is Out There" adalah seri non-fiksi yang melibatkan para ahli untuk menyelidiki video dan gambar penampakan aneh yang diambil oleh masyarakat.

Sebuah episode dari acara ini menampilkan ahli astronomi dan desainer efek video, Mark de Antonio, yang menjelaskan bahwa formasi aneh tersebut bisa disebabkan oleh efek prisma.

Harris mengatakan bahwa keputusan itu tidak berarti bahwa itu adalah alien, tetapi berarti benar-benar tidak teridentifikasi.