Snapchat Catat Pertumbuhan, Sekarang Punya Lebih dari 406 Juta Pengguna
Snapchat catat pertumbuhan pengguna (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Snap Inc., perusahaan induk dari aplikasi Snapchat dalam Laporan Keuangan Triwulan Ketiga 2023 mengumumkan bahwa Snapchat kini sudah memiliki 406 juta pengguna aktif harian (Daily Active Users/DAU).

Berdasarkan laporannya, jumlah tersebut meningkat meningkat 43 juta, atau sebesar 12 persen tahun-ke-tahun. Selain itu, total waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton Spotlight meningkat lebih dari 200 persen dari tahun ke tahun.

Dalam sisi pendapatan, CEO Snapchat Evan Spiegel mengungkapkan bahwa pendapatan perusahaan mengalami pertumbuhan positif di Q3, yakni meningkat 5 persen dari tahun ke tahun.

Tonggak sejarah ini datang setelah lebih dari setahun setelah Snap memutuskan untuk memberhentikan 20 persen tenaga kerjanya dalam upaya memotong biaya karena pendapatan iklan menurun. Pemotongan itu, bersama dengan fitur produk baru, tampaknya mulai membuahkan hasil.

"Kami fokus pada peningkatan platform iklan kami untuk mendorong pengembalian investasi yang lebih tinggi bagi mitra periklanan kami, dan kami telah mengembangkan upaya masuk ke pasar kami untuk melayani mitra kami dengan lebih baik dan mendorong kesuksesan pelanggan.," ujar Spegel.

AI generatif juga menjadi titik terang bagi perusahaan. Perusahaan MyAI chatbot, yang diluncurkan ke semua pengguna Snapchat pada  April, telah mencapai lebih dari 200 juta orang yang secara kolektif bertukar lebih dari 20 miliar pesan dengan chatbot yang didukung OpenAI.

Bersamaan dengan laporan tersebut, Snap juga mengumumkan kabar pensiun dari Jerry Hunter selaku Chief Operating Officer Snap. Dengan demikian, tugas dan tanggung jawab Hunter akan ditransisikan pada akhir bulan dan ia akan terus mendukung Snap hingga 1 Juli 2024.