Pendapatan Iklan X Anjlok Sejak Diakuisisi Elon Musk pada 2022
Elon Musk tak berhasil mengangkat pendapatan X. (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKArTA - Pendapatan iklan bulanan di platform media sosial X telah turun setidaknya 55% secara tahunan, setiap bulan sejak miliarder Elon Musk membeli perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter pada Oktober 2022. 

Perusahaan ini telah kesulitan mempertahankan beberapa pengiklan sejak pengambilalihan ITU, karena merek-merek telah waspada terhadap perubahan cepat di bawah kepemilikan Musk. Chief executive X, Linda Yaccarino, diharapkan akan bertemu pada Kamis 5 Oktober dengan bank pemberi pinjaman yang membantu mendanai akuisisi Musk untuk merincikan rencana bisnis perusahaan. Hal ini dibocorkan seseorang yang akrab dengan rencana tersebut.

Pendapatan iklan X turun 78% pada Desember 2022 dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, penurunan bulanan terbesar sejak akuisisi, menurut perusahaan analisis iklan Guideline, yang melacak data pengeluaran iklan dari agen iklan besar.

Pendapatan iklan di bulan Agustus, data terbaru yang tersedia dari Guideline, turun 60% secara tahunan. Namun X menolak untuk memberikan komentar tentang data ini.

Musk sebelumnya telah mengakui bahwa platform ini mengalami penurunan pendapatan dan menyalahkan aktivis atas tekanan terhadap pengiklan. Bulan lalu, ia menuduh Liga Anti-Pemfitnah sebagai penyebab utama penurunan pendapatan iklan di AS sebesar 60%, meskipun ia tidak memberikan jangka waktu.

Dalam pernyataan pada hari Rabu, ADL mengatakan bahwa tuduhan bahwa itu menyebabkan kerugian kepada X adalah palsu. Organisasi tersebut menambahkan bahwa mereka bersiap untuk memulai iklan di platform tersebut "untuk membawa pesan penting kami tentang melawan kebencian ke X dan penggunanya."

Selama wawancara di konferensi Vox Media's Code pekan lalu, Yaccarino mengatakan bahwa 1.500 merek telah kembali ke platform dalam 12 minggu terakhir, dan bahwa 90% dari 100 pengiklan teratas telah kembali ke X. Dia menambahkan bahwa X bisa menjadi untung pada awal tahun depan.

Musk mengubah nama Twitter menjadi X pada bulan Juli sebagai bagian dari rencananya untuk mengubah perusahaan tersebut menjadi "aplikasi segala sesuatu" dan menawarkan berbagai layanan selain jaringan sosial, mirip dengan aplikasi seperti WeChat di China. Ini termasuk membangun fitur pembayaran antar teman dan meningkatkan jumlah konten video di platform.