Square Enix Umumkan Ekspansi <i>Final Fantasy XIV: Endwalker</i>, Ajak Pemain ke Bulan!
Tangkapan layar konten Endwalker (Square Enix)

Bagikan:

JAKARTA - Square Enix mengumumkan kehadiran paket ekspansi terbaru dari gim seri Final Fantasy XIV pada hari Jumat, 5 Februari. Diberi nama Endwalker, paket ekspansi pamungkas ini rencananya bakal mulai dirilis pada musim gugur 2021 nanti.  Atau antara bulan September hingga Desember tahun ini.

Paket ekspansi gim Final Fantasy XIV Online ini menawarkan dua job baru dari kelas healer dan melee DPS. Selain itu, pengembang juga menjanjikan bakal membawa pemain untuk menjelajah bulan.

Job pertama dari kelas healer disebut Sage. Tak ada pesyaratan kelas tertentu yang bisa berganti menjadi job Sage. Hanya saja, job yang menggunakan senjata terbang yang disebut Nouliths ini bisa diakses jika level karakter lebih dari 70.

Sedangkan untuk job kedua bakal disampaikan dalam acara Final Fantasy XIV Digital Fan Festival 2021 yang berlangsung bulan Mei mendatang. Pada festival tersebut, Square Enix juga bakal memperkenalkan item spesial di dalam game, termasuk Lunar Whale Mount –jenis tunggangan yang bisa dipakai hingga 8 orang!

Presenting Sage, the new healer job debuting in #Endwalker!

Watch the trailer in high resolution on YouTube!

🌐https://t.co/NvIPrLFvex pic.twitter.com/IBteZe16yE

— FINAL FANTASY XIV (@FF_XIV_EN) February 6, 2021

Pengembang gim legendaris Square Enix menjelaskan bahwa Endwalker menjadi pamungkas dari gim Final Fantasy XIV Online yang sudah dimainkan lebih dari 20 juta pemain.

“Endwalker menyajikan puncak dari cerita yang berlangsung di Hydaelyn dan Zodiark. Di mana para Warrirors of Light bakal menghadapi bencana yang lebih besar daripada sebelumnya, hinnga membuat mereka berpetualang menuju lokasi yang lebih jauh dari Hydaelyn, bahkan mencapai bulan!” tulis Square Enix melalui rilis yang dibagikan pada blog resmi perusahaan, Jumat, 5 Februari.

Pengembang juga turut menjelaskan bahwa kehadiran Endwalker dan Patch 6.0 bakal mengakhiri kisah yang dimulai sejak seri A Realme Reborn. Setelah itu, pada Patch 6.1, sebuah cerita baru akan dimulai pada dunia Final Fantasy XIV.

Peningkatan Level Cap, Mode Pandæmonium, dan Konten Baru Lainnya

Tak cuma menawarkan cerita baru, Square Enix turut menambahkan beberapa konten baru pada paket ekspansi Endwalker. Antara lain, meningkatkan batas level tertinggi menjadi 90, penambahan “area super luas” yang menunggu untuk dijelajahi, serta kembalinya Anima yang didesain oleh pencipta aslinya.

Untuk wilayah baru, Endwalker memperkenalkan tiga kota baru. Yakni ibukota kerajaan Garlemald, Thavnair, serta kota Radz-at-Han. Sedangkan Anima, yang sebelumnya muncul pada seri Final Fantasy X, fungsinya pun tak jauh berbeda –pemain harus mengalahkan dan mengatasi tantangan yang diberikannya.

Pengembang turut memperkenalkan tingkat kesulitan terbaru pada raid yang disebut Pandæmonium. Tingkat kesulitan raid ini ditambahkan di dalam kisah Raid Aliansi yang bertujuan membongkar rahasia dari semesta Hydaelyn.

Penambahan lainnya termasuk wilayah pemukiman baru yang disebut Ishgard, pembaruan Gold Sauder, Island Sanctuary yang berisi aktivitas layaknya Harvest Moon (seperti beternak, bertani, serta mengelola tanah), dan masih banyak lainnya.

Tak cuma konten, pengembang juga turut meningkatkan sisi grafis. Bisa dilihat dari trailer yang sudah dibagikan lewat laman YouTube, gim Final Fantasy XIV hadir dengan resolusi 4K. Square Enix juga menyatakan bahwa pihaknya sudah meningkatkan frame rates serta waktu loading jadi lebih cepat.

Untuk Anda yang sudah terdaftar pada gim versi konsol PlayStation 4, versi pembaruan ini bisa dimainkan tanpa perlu biaya tambahan selama proses open beta. Selain itu, Square Enix juga menegaskan bahwa gim Final Fantasy XIV bakal tersedia untuk PlayStation 5, PC, serta Mac.