Bagikan:

JAKARTA - Departemen Kepolisian New York (NYPD) meluncurkan robot keamanan K5 pada Jumat, 22 September di stasiun kereta bawah tanah Manhattan. Konferensi pers ini didukung oleh Otoritas Transportasi Metropolitan (MTA).

Robot K5 yang diproduksi oleh Knightscope, perusahaan pembuat robot keamanan, telah digunakan di rumah sakit, pusat perbelanjaan, bandara, gudang, dan kasino. Setelah ini, robot K5 akan segera didistribusikan di stasiun kereta bawah tanah Times Square, dilansir dari The New York Times.

Robot ini bekerja dengan empat kamera yang akan merekam video tanpa audio. Robot ini juga tak memiliki sistem pengenalan wajah. Meski memiliki beberapa kekurangan, K5 tahan akan cuaca dan dapat memberikan rekaman 360 derajat dengan kualitas tinggi.

Selama dua minggu pertama, robot ini akan dilatih, dikonfigurasi, dan diatur protokolnya agar dapat bernavigasi. Selama memetakan stasiun kereta bawah tanah Times Square, robot ini akan ditemani oleh petugas dari tengah malam pukul 00.00 hingga 06.00 pagi.

Robot K5 juga memiliki tombol untuk meminta bantuan. Ketika tombol ini ditekan, suara yang cukup bising akan terdengar dan diikuti suara yang berkata, “Panggilan ini mungkin tercatat untuk keselamatan Anda.”

Saat diluncurkan dalam konferensi pers, Walikota New York Eric Adams menyatakan bahwa NYPD harus berada di garis terdepan untuk urusan teknologi. Selain itu, NYPD juga harus melangkah dua kali lebih maju dalam memanfaatkan teknologi bagi masyarakat.

Dengan penggunaan teknologi ini, Adams ingin lebih menjaga keamanan dan keadilan, khususnya di stasiun kereta bawah tanah.

“Ketika orang merasa tidak aman menggunakan kereta api dan bus kami, itu juga berdampak pada stabilitas ekonomi kami,” ujar Adam.